Bisnis.com, JAKARTA – PT Honda Prospect Motor (HPM) meningkatkan penjualan mobil dengan mendorong produk-produk kelas atas masuk ke pasar seiring turunnya suku bunga acuan.

Diketahui, Bank Indonesia (BI) menurunkan suku bunga sebesar 25 basis poin menjadi 6% pada rapat Dewan Gubernur (RDG) BI pada September 2024. Disusul oleh Bank Sentral AS, The Fed yang menurunkan suku bunga 50 4,75%. -5% 

Direktur Penjualan dan Pemasaran PT Honda Prospect Motor Yusak Billy mengatakan penurunan suku bunga memberikan peluang untuk meningkatkan daya beli konsumen, terutama dari sisi dukungan mobil. 

“Kami berharap [penurunan suku bunga] ini bisa membantu mendongkrak penjualan domestik hingga akhir tahun,” kata Billy kepada Bisnis, Selasa (24/9/2024).

Sementara terkait penjualan ekspor, Honda mengaku masih perlu memonitor kondisi pasar luar negeri, karena juga bergantung pada permintaan negara tujuan.

Ia mengatakan, rencana Honda ke depan adalah fokus menghasilkan produk unggulan, memanfaatkan berbagai pameran otomotif daerah, dan berkolaborasi dengan berbagai lembaga keuangan untuk menawarkan program menarik kepada pelanggan. 

“Kami berharap langkah-langkah ini dapat membantu menghidupkan kembali pasar otomotif,” jelasnya.

Namun menurutnya, pada tahun 2025 industri otomotif akan menghadapi tantangan ekonomi, perubahan teknologi, dan persaingan global yang ketat. Untuk itu, Honda berharap kabinet pemerintahan baru mengambil kebijakan yang mendukung sektor otomotif.

“Kami yakin pemerintahan baru akan terus mendukung berbagai kebijakan untuk mendukung pertumbuhan industri otomotif yang berkelanjutan,” tutup Billy.

Berdasarkan data Gabungan Industri Mobil Indonesia (Gaikindo), PT Honda Prospect Motor (HPM) mencatat penjualan sepeda motor sebanyak 8.515 unit pada Agustus 2024. Hasil tersebut meningkat 10,45% per bulan dibandingkan -7.709 unit pada Juli 2024.

Sepanjang 8 bulan pertama tahun 2024, Honda secara keseluruhan berhasil mencatatkan penjualan sebanyak 67.905 unit. Hasilnya, Honda berhasil menempati posisi tiga besar penjualan kendaraan di Tanah Air. 

Sementara di bidang kelistrikan, Honda Prospect saat ini memiliki jajaran mobil hibrida (hybrid electric vehicle/HEVs), antara lain Honda CR-V Hybrid dan Accord Hybrid.

Sementara di segmen battery electric (BEV), Honda Prospect Motor bersiap meluncurkan model HR-V atau Honda e:N1 elektrik pada tahun 2025.

Temukan berita dan artikel lainnya di Google Berita dan WA Channel