Bisnis.com, Jakarta – Pelantikan Prabowo Subianto, Presiden terpilih Republik Indonesia, akan berlangsung kurang dari sebulan lagi atau tepatnya pada 20 Oktober 2024. Sebelum diluncurkan, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan akan berfluktuasi berdasarkan berbagai sentimen.

Marta Cristina, Kepala Informasi Investasi Mirae Asset Securitas Indonesia, mengatakan pasar akan memperhatikan banyak emosi saat presiden terpilih Republik Indonesia dilantik. Pada Selasa (24/09/2024), dia mengatakan usai konferensi pers perayaan peluncuran RDN bersama Bank DBS Indonesia dan Mire Property: “Pasar akan mencampurkan nama-nama menteri, rumor apa yang akan terdengar di sekitar mereka.” .

Di bidang sarjana, IHSG akan sedikit lebih leluasa dalam hal nama menteri, ujarnya. Namun begitu namanya diketahui, pasar akan stabil, ujarnya.

Ia memperkirakan investor asing yang terpilih menjadi Presiden RI juga akan menilai positif pasar saham Indonesia. Karena pergantian kekuasaan sudah disiapkan.

Sebelumnya, Wakil Direktur Pilarmas Investindo Maximilianus Nicodemos mengatakan stabilitas politik dalam negeri akan menjadi pendorong IHSG pada Oktober 2024. Sementara itu, salah satu faktor penentu stabilitas politik adalah terpilihnya anggota kabinet terpilih menjadi Presiden Republik Indonesia.

“[Stabilitas politik] ini akan mendorong pasar kembali tumbuh,” kata Niko Bisnis, Jumat (20 September 2024).

Menurutnya, IHSG berpotensi berbalik arah sebesar 55% menjelang pelantikan Presiden terpilih RI pada akhir tahun ini. 

“Di akhir tahun kita lihat IHSG bisa bermain di level 7920 – 8080,” kata Nico.

Sementara itu, dengan dilantiknya Presiden terpilih RI pada 20 Oktober 2024, beberapa sektor diperkirakan akan terkena dampak besar, antara lain sektor keuangan, kebijakan konsumen non-siklus, real estate, teknologi, dan lainnya. Otomotif. dan bisnis ritel.

Sementara itu, saham IHSG menguat 0,42% ke level 7.775 pada perdagangan Senin (23/9/2024), sebulan jelang pelantikan. Saham IHSG menguat 2,31% sepanjang bulan perdagangan dan naik 7% year to date (YTD/YTD).

Sebagai informasi, Prabowo Subianto akan dilantik sebagai Presiden Indonesia kedelapan pada Minggu, 20 Oktober 2024 di Kompleks Parlemen Jakarta. Pelantikan ini menandai HUT kelima pemerintahan Prabowo-Gibran.

Prabowo-Gibran memenangkan pemilihan umum presiden dan wakil presiden (pemilu) 2024 dengan perolehan suara 58,59%, mengalahkan dua pasangan lainnya, Anis Basedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Prabowo-Mahfoud MD.

__________

Penafian: Berita ini tidak dimaksudkan untuk mendorong pembelian atau penjualan saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab atas segala kerugian atau keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel.