Bisnis.com, JAKARTA – Dulu, banyak masyarakat yang mengeluhkan sulitnya mengajukan pinjaman ke bank bagi sebagian masyarakat. Namun berkat berkembangnya teknologi, kini telah hadir layanan pinjaman online atau pinjol yang dapat digunakan oleh semua perusahaan karena syaratnya sederhana dan tidak memerlukan jaminan atau jaminan.

Namun ada prosedur dan persyaratan tertentu yang harus dipenuhi agar pengajuan pinjaman online disetujui. Jika salah satu syarat tidak dipenuhi oleh penjual pinjaman online, kemungkinan besar pengajuannya akan ditolak.

Lantas, trik dan taktik apa yang sebaiknya Anda gunakan agar pengajuan pinjaman online Anda disetujui? Oleh karena itu, sebagai solusi bagi Anda yang ingin pembayaran uang secara online dengan cepat, simak rahasia 3 ini.

   1. Jaga nilai kredit Anda

Bagi Anda yang pernah mengajukan pinjaman ke bank, perlu diketahui bahwa nilai kredit yang baik merupakan syarat yang harus dipenuhi nasabah. Tentu saja hal ini berlaku untuk aplikasi pinjaman online yang disediakan oleh teknologi keuangan dan hukum atau fintech di Indonesia.

Umumnya, skor kredit adalah penilaian terhadap riwayat kredit dan aktivitas kredit masa lalu pelanggan. Pinjaman ini dapat diperoleh melalui berbagai jenis pinjaman, seperti pinjaman rumah, pinjaman mobil, pinjaman gaji, dll. Jika Anda selalu membayar pinjaman tepat waktu, skor kredit Anda pasti akan meningkat.

Meski tidak penting bagi bank, namun ada banyak layanan pinjaman online yang memberikan kemudahan bagi nasabah untuk mengajukan pinjaman dengan nilai kredit yang baik. Pada dasarnya tanggung jawab keuangan peminjam merupakan indikator kredit yang baik.

Sebaliknya, jika Anda memiliki nilai kredit yang buruk, hal ini menandakan bahwa Anda sering terlambat membayar tagihan pinjaman atau Anda pernah mengalami kredit macet. Dalam hal ini, pemberi pinjaman online lebih bersedia menerima permintaan tersebut karena takut melihat masalah yang sama.

Mengetahui hal ini, selalu pertahankan nilai kredit yang baik. Caranya adalah dengan disiplin membayar utang tepat waktu dan jangan pernah mendapat kredit macet.

   2. Hitung kebutuhan Anda dengan cermat

Tips lainnya, sebelum Anda mengajukan pinjaman online, hitung terlebih dahulu kebutuhan dan jumlah uang yang ingin Anda pinjam. Misalnya untuk merenovasi rumah, membuat daftar bahan bangunan yang dibutuhkan dan menghitung biaya tukangnya.

Kemudian, mulai dari nilai nominalnya, gunakan kalkulator pinjaman online untuk melihat berapa besar tagihan pinjaman Anda setiap bulannya. Tentu saja, pastikan jumlah tagihan pinjaman sesuai dengan kemampuan Anda untuk membayar dan Anda dapat membayar uang tersebut.

Idealnya, jangan mengajukan pinjaman jika utang Anda lebih dari 30 persen penghasilan bulanan Anda. Misalnya gaji 5 juta per bulan, pastikan iuran Anda kurang dari 1,5 juta. Jika lebih tinggi dari angka nominal tersebut, maka risiko gagal bayar tinggi dan kemungkinan besar pengajuan pinjaman online ditolak.

Selain itu, Anda sebaiknya mengajukan pinjaman dengan alasan yang bersih dan efisien. Selain untuk perbaikan rumah, alasan cerdas mengajukan pinjaman online adalah kesehatan, pendidikan, atau kebutuhan mendesak. Ketika Anda memiliki alasan yang jelas untuk menggunakannya, layanan pinjaman online terbaik akan mengabulkan permintaan yang Anda kirimkan.

   3. Teliti dulu persyaratan pinjamannya

Selain memantau skor kredit Anda dan menilai kebutuhan Anda, rahasia lain untuk mendapatkan pengajuan pinjaman online dengan cepat adalah memahami syarat dan ketentuan. Perlu diketahui bahwa setiap layanan pinjaman online memiliki persyaratan berbeda yang harus dipenuhi nasabah.

Namun secara umum persyaratan pengajuan pinjaman online adalah sebagai berikut. Fotokopi KTP Fotokopi slip gaji atau bukti penghasilan Fotokopi berkas NPWP

Dokumen-dokumen ini harus diisi agar permohonan pinjaman online dapat disetujui. Jika persyaratan tidak terpenuhi atau dokumen tidak dilampirkan, maka permohonan akan ditolak dan Anda harus mengulangi proses dari awal.

Perlu diperhatikan bahwa tidak semua layanan pinjaman online memiliki persyaratan yang sama, jadi sebaiknya teliti terlebih dahulu. Dengan begitu, proses pengajuan bisa berjalan lancar dan dana yang dibutuhkan bisa cepat terealisasi.

Demi keamanan dan kecepatan, ajukan pinjaman online hanya pada layanan resmi

Inilah 3 trik rahasia yang akan memudahkan Anda mengajukan pinjaman online dan mendapatkan pemasukan uang dengan cepat untuk memenuhi kebutuhan mendesak Anda. Selain uraian di atas, Anda wajib mengajukan pinjaman secara online melalui layanan resmi yang terdaftar di OJK atau Badan Keuangan. Dengan begitu, tidak ada risiko mendapatkan kredit macet.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan Channel WA