Bisnis.com, Jakarta – Komunitas alumni dipandang sebagai pemain penting dalam mengembangkan hubungan diplomatik Australia dan Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan Duta Besar Australia untuk Indonesia Penny Williams pada jamuan makan malam perayaan 75 tahun hubungan diplomatik Australia-Indonesia dan Australian Alumni Awards 2024 di Jakarta pada Rabu (15/5/2024) malam.

“Tahun ini kita merayakan 75 tahun hubungan diplomatik Australia-Indonesia dan sejarah persahabatan kedua negara. Hubungan pribadi antar penduduk adalah inti dari persahabatan ini, dan komunitas alumni kami adalah inti dari persahabatan tersebut,” kata Penny. . Berperan besar dalam membina hubungan yang langgeng.”

Lebih dari 200 tamu undangan menghadiri Upacara Hubungan Diplomatik Australia-Indonesia, termasuk Gubernur Jenderal Australia, Jenderal Retd. Kecepatan. David ACDSC, Menteri Koordinator Perekonomian Erlinga Hartarto, Najwa Shahab dan Indira Lismana.

Menko Erlinga mengatakan, hubungan Indonesia dan Australia selama 75 tahun terakhir telah memupuk kemitraan yang mendalam, berdasarkan rasa saling menghormati, pengertian, dan nilai-nilai bersama.

“Negara-negara kita memiliki sejarah panjang dalam bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama,” kata Erlanga telah berupaya untuk mempromosikan perdagangan dan investasi serta memberi.

Erlinga menjelaskan, nilai perdagangan kedua negara telah mencapai sekitar 12 miliar dolar AS dan mereka akan berdedikasi untuk bekerja sama dalam isu-isu regional dan global termasuk perubahan iklim dan transisi energi.

Sementara itu, Gubernur Jenderal Australia David Hurley mengatakan alumni merupakan jantung hubungan Australia-Indonesia dan merupakan kunci masa depan kedua negara.

“Australia menyadari pentingnya Indonesia sebagai negara demokrasi terbesar ketiga di dunia. “Indonesia berada pada jalur yang tepat untuk menjadi salah satu negara dengan perekonomian terbesar di dunia pada tahun 2024. Australia mempunyai posisi yang baik untuk mendukung perkembangan ini,” kata Hurley.

Harley mengatakan saat ini terdapat lebih dari 200.000 alumni institusi Australia di Indonesia. Australia bangga dengan komunitas alumninya dan perannya dalam membentuk masa depan Indonesia.

“Komunitas alumni kamilah yang meletakkan dasar bagi Australia dan Indonesia untuk bekerja sama sebagai tetangga dan mitra,” ujarnya.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel