Bisnis.com, JAKARTA – Mark Zuckerberg telah meningkatkan kekayaannya melebihi siapa pun tahun ini, bahkan CEO Nvidia Jensen Huang di tengah booming AI.

Menurut Bloomberg Billionaires Index, kekayaan pendiri dan CEO Meta meningkat sebesar $71 miliar tahun ini, menjadikan kekayaan bersihnya $199 miliar.

Menurut daftar Bloomberg, Zuckerberg masih menjadi orang terkaya ketiga, mengungguli Larry Ellison dari Oracle dengan kekayaan $180 miliar dan CEO LVMH Bernard Arnault dengan kekayaan $177 miliar. 

Zuckerberg kini berada di urutan keempat dalam daftar orang terkaya Forbes dengan kekayaan bersih 194,2 miliar, di belakang Larry Ellison yang memiliki kekayaan bersih 204,5 miliar. 

Huang mengalami peningkatan kekayaan yang lebih besar dibandingkan Zuckerberg tahun ini. Namun awal bulan ini, pendiri dan CEO Nvidia kehilangan hampir $11 miliar dalam tiga hari perdagangan karena penurunan tajam harga sahamnya. 

Namun, kekayaan Huang telah meningkat sebesar $59,4 miliar tahun ini menjadi $103 miliar, dan saham Nvidia telah meningkat 144% sejak awal Januari. Itu berarti Zuckerberg dan Huang memperoleh keuntungan gabungan sekitar $130 miliar tahun ini.

Meta adalah perusahaan media sosial yang memiliki Facebook, WhatsApp, Instagram, dan Threads. Di bawah kepemimpinan Zuckerberg, perusahaan ini banyak bertaruh pada realitas virtual, metaverse, dan kecerdasan buatan dalam beberapa tahun terakhir.

Tindakan mahal tersebut awalnya membuat investor bingung dan menyebabkan saham Meta anjlok lebih dari 75% antara September 2021 dan November 2022.

Namun, ledakan AI dan tanda-tanda bahwa Meta telah memangkas pengeluaran telah memperbarui minat investor terhadap perusahaan tersebut sebagai pemimpin dalam teknologi, komunikasi, dan hiburan generasi mendatang.

Saham Meta telah meningkat lebih dari lima kali lipat dari level terendahnya pada tahun 2022 hingga diperdagangkan pada rekor tertinggi di atas $500, memberikan nilai perusahaan sebesar $1,4 triliun.

Kebangkitan ini menggandakan perkiraan 13% saham Zuckerberg di Meta, meningkatkan kekayaannya menjadi $198 miliar dari kurang dari $35 miliar pada November 2022.

Kini setelah peruntungan Huang berubah, Zuckerberg bisa mengklaim gelar pemenang besar tahun ini dan sedang dalam perjalanan untuk bergabung dengan klub 200 miliar dan bahkan menjadi orang terkaya di dunia.

Untuk berita dan artikel lainnya, kunjungi saluran Google Berita dan WA