Bisnis.com, JAKARTA – Regulator perbankan Swiss Finma dikabarkan sedang menyelidiki kinerja Credit Suisse selama 15 bulan terakhir sebelum diakuisisi oleh UBS Group AG.

Dikutip Bloomberg, Senin (23/9/2024), disadur dari mingguan Swiss SonntagsZeitung, dijelaskan ada penyelidikan atas kejadian di Credit Suisse sebelum akhirnya diselamatkan oleh UBS pada Maret 2023. .

Finma mengeluarkan perintah setebal 36 halaman kepada Credit Suisse dan UBS pada September 2023 untuk membuka penyelidikan, menurut laporan itu. Firma hukum Wenger Plattner ditunjuk untuk memimpin penyelidikan. Sejauh ini, beberapa lusin pejabat aktif dan mantan pejabat kedua bank telah diselidiki.

UBS ditalangi oleh Credit Suisse pada Maret 2023 setelah negosiasi intens antara kedua bank dan pemerintah Swiss untuk menghindari kebangkrutan. Parlemen Swiss juga melanjutkan penyelidikannya terhadap kesalahan pengelolaan Credit Suisse dan otoritas Swiss.

Sementara itu, investigasi Finma lebih fokus pada dinamika internal bank tersebut, termasuk tepatnya saat Credit Suisse mulai kehilangan kemampuannya untuk bertahan sebagai entitas independen.

Investigasi juga berupaya mengungkap permasalahan pada laporan keuangan tahunan Credit Suisse, yang sebelumnya memicu perselisihan dengan regulator AS.

Brigitte Umbach-Spahn dari firma hukum Wenger Plattner ditunjuk sebagai penyelidik utama, namun UBS, Finma dan Kementerian Keuangan Swiss menolak mengomentari penyelidikan tersebut.

Brigitte Umbach-Spån belum menanggapi konfirmasi Bloomberg mengenai penyelidikan yang sedang berlangsung.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel