Bisnis.com, Jakarta – Belakangan ini media sosial ramai dihebohkan dengan keberadaan boneka mungil bernama Lapopo. Bentuk boneka Labobo mirip elf dan banyak digunakan sebagai gantungan tas.

Boneka labubu sudah ada sejak tahun 2015. Namun boneka Labubu kembali viral pada tahun 2024 berkat postingan Instagram Lisa Blackpink. Lapopo kini banyak diminati masyarakat untuk keperluan koleksi.

Lalu siapakah dalang kesuksesan boneka Labobo?

Menurut Bangkok Post, boneka Lapopo dibuat oleh Kasing Lung, seorang penduduk asli Hong Kong yang besar di Belanda. Tumbuh di Belanda, Cassinglong terpesona oleh dunia peri dan elf dari cerita rakyat tradisional Skandinavia.

Saat tinggal di Belanda, Cassinglong bekerja sebagai ilustrator buku anak-anak dan menjadi orang Tionghoa pertama yang memenangkan penghargaan seniman di Belgia. Pada tahun 2010, Kasing beralih karier dari artis profesional menjadi desainer game dan kembali ke Hong Kong pada tahun 2012 untuk bekerja dengan How2work, merek mainan populer Hong Kong yang menerbitkan buku komik dan serial koleksi Tiongkok. Pekerjaan di Belgia dan Hong Kong membuat reputasi Cassing berkembang pesat. Karya ilustrasi Kasing banyak diminati, bahkan ia berkolaborasi dengan seniman dan penulis.

Pada tahun 2015, Kassing menciptakan The Monsters, sebuah film yang menampilkan karakter baik dan buruk seperti Zimomo, Tycoco, Spooky dan, yang paling terkenal, Labubu.

Dalam cerita Kasing, Lapopo merupakan tokoh baik hati yang selalu ingin membantu namun selalu berbuat jahat. Lapopo memiliki kepribadian yang unik dan bersemangat serta sangat populer di kalangan pecinta seni.

Pada tahun 2019, Kasing menandatangani perjanjian lisensi eksklusif dengan Pop Mart untuk memecahkan rekor dalam genre mainan seni.

Simak berita dan artikel lainnya dari Google News dan WA