Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan produksi perdana pabrik pengolahan tembaga baru PT Freeport Indonesia (PTFI) di Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE), Manyar, Gresik, Jawa Timur pada pekan depan.

Rencananya peresmian produksinya akan dilaksanakan oleh Presiden Joko Widodo pada minggu depan, kata Wakil Presiden Komunikasi Freeport Indonesia Katri Krisnati kepada Bisnis, Sabtu (21/9/2024).

Smelter Freeport baru beroperasi hingga akhir Juni 2024. Kalaupun berfungsi, oven Freeport tidak bisa langsung berproduksi karena oven memerlukan waktu untuk mencapai suhu tertentu.

Pabrik peleburan tembaga dengan desain single line terbesar di dunia ini mampu memurnikan konsentrat tembaga berkapasitas 1,7 juta ton konsentrat dan menghasilkan 600.000-700.000 katoda tembaga per tahun.

Katri mengatakan, peresmian produksi smelter di Freeport merupakan bukti bahwa perusahaan telah memenuhi komitmennya terhadap Izin Usaha Pertambangan Khusus (IUPK) pada tahun 2018, sekaligus sebagai bentuk dukungan terhadap program pelepasan lahan yang dilakukan pemerintah Indonesia.

“Dengan beroperasinya smelter PTFI di KEK Gresik, PTFI akan menjadi perusahaan pertambangan yang terintegrasi dari atas hingga bawah,” kata Katri.

Berdasarkan catatan Bisnis, total nilai investasi proyek yang mencakup lahan seluas 100 hektare di KEK JIIPE ini mencapai 3,7 miliar dolar atau sekitar Rp 58 triliun.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyampaikan ada tiga pondok di Indonesia yang akan diresmikan dan mulai dikerjakan pemerintah pada minggu depan.

Orang pertama Indonesia menjelaskan tiga smelter yang berupaya mendukung visi pemerintah dalam hilirisasi produksi tembaga dan bauksit.

Ketiga smelter tersebut adalah smelter tembaga PT Amman Mineral Internasional Tbk (AMMN) di Negara Bagian Sumbawa Barat, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan smelter tembaga PT Freeport Indonesia di Gresik, Jawa Timur.

Minggu depan dua smelter besar bernilai sekitar 50 hingga 60 triliun rupiah, yaitu Amman di Sumbawa dan Freeport di Gresik, kata Jokowi saat membuka XXII. Kongres dan Seminar Nasional Ikatan Sarjana Ekonomi Indonesia (ISEI), di Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (19/09/2024).

Selain kedua smelter tersebut, Ketua Umum perusahaan patungan antara PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) dan PT Aneka Tambang Tbk (Antam) juga berencana menyisihkan smelter bauksit yakni Smelter Grade Alumina Refinery (SGAR) Tahap 1 Mempawah. Kabupaten, Kalimantan Barat.

Untuk berita dan artikel lainnya, kunjungi Google Berita dan WA Channel