Bisnis.com, Jakarta – Indeks Saham Sektor Kesehatan (IDX Healthcare) mengalami penguatan terbesar dibandingkan sektor lainnya, naik 3,59% menjadi 1.551.825 selama sepekan terakhir.

Hal ini terlihat dari kutipan emiten sektor kesehatan yang berkapitalisasi besar, seperti HEAL, SILO, SIDO yang harga sahamnya naik signifikan pada pekan lalu. 

Kenaikan harga saham terbesar dicatatkan oleh perusahaan asal industri kesehatan, PT Pyridom Pharma TBK. (PYFA) yang sahamnya meningkat 19,86% selama sepekan. 

Kemudian setelah PT Medikaloka Hermina Tbk. (HEAL) dengan kenaikan harga saham 11,49% dan RS Internasional PT Silom TBK. (SILO) naik 9,03% pada minggu lalu. 

Saham PT Tempo Scan Pacific Tbk. (TSPC) juga naik 4,14% selama sepekan, dan PT Mitra Keluarga Karyaseht Tbk. (MIKA) dengan kenaikan saham 3,33% pada pekan lalu. 

Kemudian PT Prodia Widyahusada Tbk. (PRDA) dengan kenaikan saham 1,97% dan PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk. (SIDO) meningkat 1,48% pada minggu lalu. 

Selain itu, emiten kesehatan lainnya, PT Darya-Waria Laboratoria Tbk. (DVLA) dengan kenaikan saham 0,88% dalam seminggu dan PT Kimia Farma Tbk. (KAEF) meningkat 0,68% pada minggu lalu. 

Sementara itu, saham-saham kesehatan tetap menunjukkan kinerja yang baik meski diguncang oleh penurunan suku bunga The Fed. 

Bank sentral Federal Reserve AS memutuskan untuk menurunkan suku bunga acuan sebesar 50 poin menjadi 4,75%-5% dari 5,25%-5,5%.

Pada saat yang sama, Bank Indonesia juga menurunkan BI rate sebesar 25 basis poin dari 6,25% menjadi 6% pada Rabu (18/09/2024).

Analis RHB Sekuritas Indonesia Mohammad Wafi, Jumat (20 September 2024), meski The Fed memangkas suku bunga pada September, namun sektor kesehatan tetap menunjukkan momentum positif. 

Menurutnya, sektor kesehatan seperti PT. Mitra Keluarga TBK. (MIKA), PT Sido Muncul Industri Herbal dan Farmasi Tbk. (SIDO) dan PT Medikaloka Hermina Tbk. (HEAL) terus menunjukkan pergerakan positif.

Masa depan diperkirakan positif bagi emiten di sektor kesehatan, didukung oleh anggaran pemerintah dan kenaikan harga saham di sektor kesehatan.

Analis Mirae Asset Sekuritas Nafan Aji Gusta mengungkapkan dampak positif tersebut akan berdampak pada peningkatan kinerja emiten yang berfokus pada kesehatan. 

“Dilihat dari harga saham-saham yang terkait dengan bisnis kesehatan, misalnya KLBF, MIKA dan SILO, serta HEAL sedang menunjukkan tren kenaikan,” ujarnya, Jumat (13/9/2024).

Penafian: Pesan ini tidak dimaksudkan untuk mendorong Anda membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab atas segala kerugian atau keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Untuk berita dan artikel lainnya, kunjungi Google Berita dan WA Channel