Bisnis.com, JAKARTA—PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) telah mengajukan penawaran untuk membeli kembali surat utang anak perusahaannya dengan nilai maksimum $150 juta. 

Sekretaris Medco Siendy K. Wisandana mengatakan, perseroan berencana membiayai penawaran tender tunai (cash tender offer) untuk membeli kembali dua seri surat utang yang diterbitkan anak perusahaan perseroan tersebut. 

Lebih detailnya, MEDC akan menawarkan surat utang senior jatuh tempo 2026 yang diterbitkan oleh Medco Oak Tree Pte. Ltd. dan Senior Notes jatuh tempo tahun 2027 yang diterbitkan oleh Medco Bell Pte. Ltd.

“Medco Oak Tree Pte. Ltd. dan Medco Bell Pte. “Ltd merupakan anak perusahaan yang secara tidak langsung dimiliki sepenuhnya oleh perseroan,” jelasnya dalam keterbukaan informasi, dikutip Sabtu (21/09/2024). 

Instrumen utang ini dijamin tanpa syarat dan tidak dapat ditarik kembali oleh perusahaan dan anak perusahaan tertentu.

MEDC, lanjutnya, akan melakukan penawaran umum surat utang Medco Oak Tree sebanyak-banyaknya $100 juta dan surat utang Medco Bell sebanyak-banyaknya $50 juta. 

Sebagai informasi: Kewajiban utang senior yang jatuh tempo tahun 2026 diterbitkan oleh Medco Oak Tree Pte. Ltd. membayar kupon sebesar 7,375% per tahun. Sementara itu, Medco Bell Pte telah menerbitkan surat utang senior yang jatuh tempo pada tahun 2027. Ltd. menetapkan kupon sebesar 6,375%. 

Sebelumnya, CEO Medco Roberto Lorato menyoroti strategi perusahaan untuk menerapkan strategi pertumbuhan dan deleveraging yang konsisten.

Sejalan dengan strategi deleveraging, pada Juli 2022, MEDC melakukan pembelian obligasi dolar AS di luar pasar secara selektif. Hal ini akan terus terjadi dari waktu ke waktu di masa depan. 

“Sejak 1 Juli 2022, Perusahaan telah membeli sekitar $30 juta obligasi dolar AS dengan berbagai jatuh tempo dan harga dari seluruh obligasi dolar AS yang beredar.” 

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel