Bisnis.com, JAKARTA – Komitmen Prabowo Subianto meneruskan program Presiden Joko Widodo akan menjadi sentimen pendukung kinerja indeks BUMN jelang peralihan pemerintahan baru pada 20 Oktober 2024.

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Jumat (20/09/2024), indeks saham pilihan BUMN atau IDXBUMN20 melemah 0,53% menjadi 418,12. Namun posisi tersebut menunjukkan kenaikan year-on-year (YtD) sebesar 0,43%.

Dibandingkan data perdagangan awal bulan, 2 September 2024, indeks yang terdiri dari 20 saham BUMN ini masih terkoreksi 1,72% sepanjang tahun.

Senior Market Chartist Mirae Asset Sekuritas Nafan Aji Gusta mengatakan, banyak faktor yang mempengaruhi kinerja IDXBUMN20. Alasan utamanya adalah penurunan suku bunga dasar yang dilakukan The Fed dan Bank Indonesia (BI).

“Kebijakan moneter berdampak positif terhadap kinerja indeks BUMN yang kembali ke garis hijau berkat sentimen yang kuat,” kata Bisnis.

Sementara itu, sentimen lain ia lihat datang dari berita keuangan yang secara umum menunjukkan hasil mengesankan. BUMN juga dinilai mampu mencapai kinerja inti yang berkelanjutan.

Sentimen lanjutan IDXBUMN20 ini merupakan komitmen Presiden terpilih Prabowo Subianto yang berencana melanjutkan program Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di nusantara.

“Hal ini menjadi faktor utama yang mendorong kinerja BUMN di bidang ketenagakerjaan kembali menguat setelah sebelumnya dibayangi oleh sentimen arus kas negatif,” ujarnya.

Menurut Nafan, apresiasi terhadap indeks BUMN selain karena kepastian perkembangan IKN Indonesia, juga berasal dari kenaikan harga komoditas akibat meningkatnya permintaan di seluruh dunia, meski masih ada efek gangguan rantai pasok.

Di tengah sentimen tersebut, Mirae Asset Sekuritas memberikan rekomendasi beli pada saham PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM), PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI), PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI), PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI), PT Semen Indonesia (Persero) Tbk. (SMGR) dan PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk. (TLKM).

ANTM target harga Rp 1.525 per saham, BBNI target harga Rp 6.125, BBRI target harga Rp 6.000, BMRI target harga Rp 7.800, SMGR target harga Rp 4.450, dan TLKM target harga Rp 3.420 per saham. membagikan.

Perkembangan lainnya, pelantikan Prabowo Subianto sebagai Presiden ke-8 Indonesia akan berlangsung pada Minggu 20 Oktober 2024 di Kompleks Parlemen Jakarta. Pelantikan ini menandai awal lima tahun pemerintahan Prabowo-Gibran.

Prabowo – Gibran memenangi Pemilihan Umum (Pemilu) Presiden dan Wakil Presiden 2024 dengan perolehan suara 58,59% melawan dua pasangan lainnya yakni Anies Baswedan – Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo – Mahfud MD.

_______

Harap diperhatikan: laporan ini tidak dimaksudkan untuk mempromosikan pembelian atau penjualan saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab atas segala kerugian atau keuntungan yang diakibatkan oleh keputusan investasi pembaca.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel