Bisnis.com, JAKARTA – PT ASDP Feri Indonesia (Persero) Cabang Pelabuhan Merak menargetkan dapat mengoperasikan Dermaga Utama II pada akhir tahun seiring dengan libur Natal dan Tahun Baru.  General Manager Cabang Pelabuhan Feri Merak ASDP Indonesia Rudi Sunarko mengatakan, sarana dan prasarana Dermaga Kinerja Kedua sudah disiapkan. Pengoperasian dermaga tersebut akan dimulai pada bulan Desember, seiring dengan beberapa hal yang belum selesai.  “Dari segi fasilitas, dermaga, parkir, arus lalu lintas dan kapal sebenarnya sudah selesai kita persiapkan,” kata Rudi kepada Tim Survei Pelabuhan dan Logistik Bisnis Indonesia 2024, Kamis (19/09/2024).  Lebih lanjut Rudi mengatakan, ada beberapa hal yang masih dipersiapkan seperti perjanjian B-to-B dengan pemilik kapal. Hal itu dilakukan karena Dermaga Eksekutif II ke depannya akan menggunakan kapal swasta.  Hingga saat ini, ASDP Merak telah mengoperasikan 63 kapal baik kapal milik sendiri maupun kapal pribadi. Nah untuk dermaganya sendiri saat ini sudah ada lima dermaga reguler dan satu dermaga eksekutif.  Terdapat 6 kapal ASDP di Pelabuhan Merak, 5 diantaranya beroperasi di dermaga utama pertama dan sisanya di dermaga reguler.  Hingga Agustus 2024, ASDP Cabang Merak telah melayani 7,6 juta penumpang dari total target 12 juta penumpang hingga akhir tahun.

Rudi mengatakan, pihaknya berharap target tersebut bisa tercapai, khususnya pada peak season Natal dan Tahun Baru sehubungan dengan beroperasinya Pier II Eksekutif.

“Setiap tahun kalau kita lihat sekarang juga ada peningkatan [jumlah penumpang] kalau misalnya ada angkutan Nataru atau harus ditingkatkan. Setiap tahun persentasenya naik,” imbuhnya. . .

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel