Bisnis.com, Jakarta – PT Bank Maybank Indonesia Tbk. (BNII) bermitra dengan PT Berdayakan Usaha India (dikenal sebagai Batumbu), perusahaan fintech peer-to-peer (P2P) lending yang fokus pada sektor usaha kecil dan menengah dan ( UMKM). Menandatangani kemitraan pembiayaan (saluran) senilai Rp 1 triliun. . ).

Stefano Ridwan, Presiden Direktur Maybank Indonesia, menjelaskan kemitraan ini bertujuan untuk mendukung pertumbuhan ekosistem bisnis UMKM dan mendorong digitalisasi layanan keuangan yang mudah diakses oleh segmen tersebut.

“Salah satu fokus utama bisnis Maybank Indonesia adalah penyaluran kredit kepada UMKM, karena sektor ini merupakan penopang penting perekonomian negara,” kata Stefano, Kamis (19/9/2024).

Stefano menambahkan, pertumbuhan keuangan UMKM dan pengembangan keuangan digital menjadi prioritas Maybank Indonesia. Melalui program undian ini, Maybank juga menargetkan distributor dan pemasok untuk memberikan akses keuangan yang lebih luas kepada UMKM di Indonesia.

Menurut Stefano, kerja sama dengan Batumbu diharapkan dapat memperluas jangkauan pasar keuangan UMKM, khususnya dalam pengelolaan rantai pasok keuangan yang saat ini mengalami perkembangan pesat.

“Kami berharap kerja sama ini dapat memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan UMKM yang berdampak signifikan terhadap produk domestik bruto (PDB) Indonesia,” imbuhnya.

Stefano juga mengatakan, selain jaringan Maybank, perseroan juga mengembangkan peluang kerja sama dengan fintech lain untuk meningkatkan akses pembiayaan bagi UMKM.

Sementara itu, Direktur Utama Batumbu Tan Grant Saputrahadi menyambut baik kerja sama tersebut dan menyoroti komitmen perusahaan dalam meningkatkan akses pembiayaan bagi UMKM.

“Visi kami adalah memberikan pembiayaan yang diperlukan bagi UMKM dan mendorong pertumbuhan ekonomi dan pembangunan berkelanjutan di Indonesia,” ujarnya.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel