Bisnis.com, JAKARTA – PT Hutama Karya (Persero) mengumumkan komitmennya untuk mempercepat pembangunan pertahanan pantai atau tanggul pantai di Teluk Jakarta Utara yang terletak di Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya Adjib Al Hakim mengatakan, tak hanya mengerjakan gudang lepas pantai di Jakarta Utara, HK juga kini mengerjakan gudang pantai di Kecamatan Kosambi, Kabupaten Tangerang. . Sedangkan nilai kedua proyek tersebut mencapai Rp 297 miliar.

“Proyek ini dibangun sebagai upaya menjaga lingkungan dari risiko banjir, terutama di kawasan pemukiman yang permukaan air lautnya tinggi akibat penurunan tanah dan kenaikan permukaan air laut,” ujarnya dalam keterangan resmi, Kamis. / 2024).

Pembangunan proyek coast storage ini dimulai pada Desember 2022 dan dilaksanakan melalui kerja sama operasi (KSO) dengan PT Wijaya Karya (Persero) Tbk. (WIKA) atau KSO Wika-Hutama Karya.

Sementara Hutama Karya menargetkan proyek ini selesai pada akhir Desember 2024.

“Proyek Strategis Nasional ini dilaksanakan dalam rangka penguatan dan peningkatan bendungan laut, bendungan air sungai, serta pembangunan pantai utara Jakarta dan sekitarnya yang progresnya kini mencapai 53,14%,” kata Adjib.

Sebagai informasi, tanggul pantai di pesisir utara Jakarta ini total panjangnya 1.485 meter. Proyek ini terbagi dalam area A, B dan C tergantung jenis pekerjaan yang dilakukan bersama KSO Wika-Hutama Karya khususnya pada area A yang meliputi pembangunan kolom beton tipe D800.

Nantinya pengerjaan akan dipusatkan pada tiang dan tikar bambu, serta tiang kotak berukuran 25 x 25 cm sebagai alas akses jalur penangkapan ikan.

Sedangkan sisa pekerjaan saat ini adalah pekerjaan timbunan timbunan di area A, pembangunan CCSP atau timbunan tipe W400 di area B, serta pekerjaan timbunan sirtu dan pembangunan CCSP tipe W450 di area C.”, Adjib. bulat

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel