Bisnis.com, Jakarta – Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Arsjad Rasjid periode 2021 – 2026 menjelaskan situasi menara Kadin yang ditempati orang tak dikenal. 

Ia mengatakan, sejak Minggu (15/9/2024) lalu, dirinya tidak bisa masuk ke kantor Kamar Dagang dan Industri Indonesia di lantai 3, 24, dan 29 karena dilarang masuk oleh orang yang tidak berkepentingan. 

Usai menjabat sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia, pihaknya meninjau lokasi kantor di Menara Kadin lantai 24 dan 29, peninggalan penulisan pidato yang hebat dan kepengurusan awal.

“Menurut cerita, ada masa antara Kadin dengan investor, kemudian dibangun Menara Kadin. Kadin memiliki 2 lantai, yaitu di lantai 24 dan 29,” kata Arszad dalam keterangan resminya, Senin (16/1). . 9/2024). 

Untuk itu, kata dia, gedung Menara Kadin dan kantor di lantai 24 dan 29 harus digunakan bersama oleh seluruh anggota Kadin, bukan oleh kelompok atau keluarga Bakri. 

Selain itu, di kantor ini juga banyak dunia usaha dan perusahaan yang tergabung dalam Kadin yang ikut membantu dalam pekerjaan tersebut. 

“Harusnya ada kantor bersama, untuk seluruh anggota Kadin. Tapi hari ini kami tidak boleh masuk,” ujarnya.

Menyadari situasi tersebut, Arsjad mengatakan pihaknya mulai menyewa kantor baru di lantai tiga gedung yang sama.

“Karena situasi yang tidak menentu, kami memindahkan semua barang ke lantai tiga dengan sewa kantor yang jelas. Ini hak kami, dan tidak ada yang bisa menghalangi kami masuk ke kantor untuk memotong kami,” dia dikatakan. 

Seperti diketahui, situasi tersebut mencuat pasca terpilihnya Anindya Bakri sebagai Ketua Umum Konvensi Nasional Kadin Tahun 2024 yang digelar di St. Louis. Registrasi pada 14 September 2024. 

Karena konferensi tidak diadakan, maka masalah ini dianggap ilegal dan ilegal. Saat ini Arjad Rasjid terpilih menjadi Ketua Kadin Indonesia periode 2021-2026 berdasarkan hasil Munas ke-8 di Kendari, Sulawesi Tenggara. 

Seperti diberitakan Bisnis sebelumnya, acara konferensi perkenalan Arszad Rasjid di Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) Menara Kadin dipindahkan ke lokasi lain. 

Atas perhatian perseroan, sejumlah media mulai mengikuti konferensi pers yang dimulai pukul 13.00 WIB di lobi Menara Kadin pada Minggu (15/9/2024) pukul 12.50 WIB. 

Namun berdasarkan informasi yang diterima Bisnis, jadwal tersebut mengalami perubahan waktu dan lokasi yang telah diumumkan sebelumnya. 

“Karena keadaan yang tidak terduga, kami informasikan bahwa konferensi kami dipindahkan ke JS Luwansa Lantai 3, Ruang Nisi 6,” tulis Bisnis dalam informasi yang diterima.  

Acara ditunda pada pukul 14.00 WIB. Kedepannya, pada pukul 15.00 WIB, Formasi Munas Kadin Tahun 2024 akan mengadakan workshop di Menara Kadin lantai 29. 

Simak berita dan artikel di Google News dan WA Channel