Bisnis.com, JAKARTA – Pimpinan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) mengumumkan akan menggelar konferensi nasional atau Munaslub pada Sabtu (14/09/2024).

Salah satu yang menjadi topik Munaslub adalah keputusan pergantian Ketua Umum Kadin Arsjad Rasjid.

Sumber dunia usaha di lingkungan Kadin membenarkan rencana penyelenggaraan munas tersebut.

“Iya, Majelis Nasional akan dilaksanakan besok,” kata sumber yang enggan disebutkan namanya, Jumat (13/09/2024).

Merujuk pada Keputusan Dewan Perindustrian dan Perdagangan RI Nomor: SKEP/281/DP/IX/2023, Munas Kadin merupakan munas yang diselenggarakan di luar jadwal munas dalam rangka pengurusan Kadin Indonesia. Dewan bertanggung jawab atas pelanggaran prinsip-prinsip Persatuan dan Konstitusi dan penyalahgunaan dana dan dana Dewan Perdagangan dan Industri Indonesia, dan pengangguran di Kamar Dagang Indonesia. Dewan memastikan bahwa ketentuan anggaran dasar konfederasi dan konstitusi serta keputusan majelis nasional tidak dilaksanakan dengan benar.

Saat itu, Arsjad Rasjid terpilih menjadi Ketua Umum Kadin Indonesia periode 2021-2026. Terpilihnya Arsjad diputuskan pada 20 Oktober 2021 pada Musyawarah Nasional (Munas) VIII Kadin di Kendari, Sulawesi Selatan.

Sementara itu, pada bursa nominasi Ketua Umum Kadin 2021-2026, Arsjad bersaing ketat dengan Anindya Bakrie, CEO PT Bakrie & Brothers Tbk. (BNBR).  

Namun, sebelum Kongres Nasional VIII berlangsung, Kadin sepakat memilih Arsjad Rashid sebagai Ketua Umum Kadin dan Anindya Bakrie sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Kadin.

Mantan Ketua Kadin Rosan P Roeslani mengatakan kesepakatan itu dicapai melalui perundingan untuk mencapai mufakat. Hasilnya, kedua calon ketua umum sepakat menjabat sebagai ketua dengan kapasitas berbeda.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel