Bisnis.com, JAKARTA – Rapat Anggota Luar Biasa Kamar Dagang dan Industri (Kadin) digelar hari ini di Batavia. Usulan ini muncul saat pengumuman Majelis Nasional Luar Biasa atau Munaslub Kadin.

Dari pantauan Bisnis, Rapat Anggota Luar Biasa Kadin digelar di Hotel Ritz Carlton Mega Kuningan, Batavia. Hingga Jumat (13/9/2024) pukul 17.05 WIB acara masih berlangsung secara tertutup.

Beberapa peserta berseragam Kadin Indonesia, serta peserta dari berbagai asosiasi pengusaha terlihat berjalan-jalan di depan ruang konferensi.

Dari pantauan Bisnis, nama Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo dan Wakil Ketua Dewan Pengurus Kadin Indonesia Benny Soetrisno disebut dan dipanggil langsung oleh pimpinannya. acara tersebut.

Dicermati dalam panduan acara pembuatan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga (AD/ART) Kamar Dagang dan Industri Indonesia. Kata “Munaslub” terdengar jelas dari dalam ruang konferensi.

Pertemuan tersebut digelar dalam acara penyelenggaraan Majelis Nasional Luar Biasa atau Munaslub Kadin Indonesia. Berdasarkan kabar yang diterima Bisnis, Munaslub akan berlangsung pada Sabtu (14/9/2024).

Salah satu berita acara Munaslub dikabarkan adalah keputusan mengangkat kembali Kadin Arsjad Rasjid sebagai Ketua Umum.

Sumber usaha dari Kadin daerah membenarkan Munas akan digelar.

“Iya, besok ada Munas,” kata sumber yang enggan disebutkan namanya, Jumat (13/9/2024).

Sumber usaha lain di lingkungan Kadin Pusat juga diakui adalah informasi jalannya Munas.

“Saya mendengar secara samar-samar [tentang rencana penyelenggaraan Majelis Nasional],” ujarnya.

Meski demikian, Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Otonom Indonesia Sarman Simanjorang mengaku belum mengetahui rencana penyelenggaraan Munas tersebut.

“Informasinya belum kami terima,” kata Sarman yakin.

Keputusan Dewan Pengurus Kadin Indonesia Nomor: SKEP/281/DP/IX/2023, Musyawarah Nasional Kadin diselenggarakan sebagai Musyawarah Nasional di luar jadwal Musyawarah Nasional menyelenggarakan Kadin Indonesia. Pengurus yang bertanggung jawab atas pelanggaran terhadap pokok-pokok Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga dan/atau penyalahgunaan dana dan dana organisasi oleh Pengurus Kamar Dagang dan Industri Indonesia, dan/atau atas tidak terlaksananya pengurusan Pengurus Kadin Indonesia sesuai dengan ketentuan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga dan/atau Keputusan Kongres Nasional harus dilaksanakan dengan baik.

Sementara Arsjad Rasjid terpilih sebagai Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri periode 2021-2026. Terpilihnya Arsjad resmi diputuskan pada 20 Oktober 2021 di rapat nasional Kadin 8 (Munas) di Kendari, Sulawesi Tenggara.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel