Bisnis.com, JAKARTA – MV3 Maung produksi PT Pindad mulai diproduksi massal dan masuk pasar komersil. 

Abraham Mose, Presiden Pindad, mengatakan ke depan Pindad berniat memasuki pasar komersial dengan memproduksi kendaraan taktis (rantis). 

Nanti arahnya ke sana [bulk sale]. Setelah selesai kontrak dengan Kementerian Pertahanan, mau tidak mau kita harus masuk perdagangannya, kata Mose seperti dikutip Bisnis, Jumat (13/9). .2024). 

Namun, kata Mose, PT Pindad saat ini sedang berupaya menyelesaikan pengadaan kendaraan untuk Kementerian Pertahanan. 

Sementara itu, PT Pindad hingga kini telah menandatangani kontrak pembelian 5.000 mesin MV3. Mose menargetkan bisa memproduksi setidaknya 250 unit pada 5 Oktober 2024 yang akan dipersembahkan di HUT TNI. 

Seperti diketahui, kendaraan Rantis ini merupakan jenis yang digunakan Paus Fransiskus pada Misa Tinggi Gelora Bung Karno. MV3 Maung dimodifikasi untuk memenuhi kebutuhan mobilitas Paus. 

Spesifikasi umum Maung MV3 Tangguh menggunakan mesin diesel turbo berkapasitas 2.200cc, melaju dengan kecepatan aman 100 kilometer per jam, dan memiliki jangkauan hingga 500 kilometer. 

MV3 – Maung Tangguh yang digunakan Paus Fransiskus merupakan versi atap terbuka yang mampu menampung 4 orang. Kendaraan ini juga tersedia dalam varian lain yaitu Maung MV3 Commander dengan Hard Top dan Maung MV3 Jelajah dengan Soft Top.

Lihat berita dan artikel lainnya dari Google News dan WA Channel