Bisnis.com, JAKARTA – Sony mengumumkan perilisan PlayStation 5 Pro (PS5 Pro) pada 7 November 2024.

Ini merupakan kekecewaan besar bagi para penggemar PS5 Pro pada perilisannya, yang diharapkan menjadi konsol game termahal.

Harga konsol game ini adalah US$1999,9 atau sekitar Rp 10,7 jutaan. Pada titik harga ini, Sony mengatakan hal itu berubah.

Kemudian game seperti The Last of Us, Final Fantasy, dan Hogwarts Legacy akan memiliki grafis cantik di PS5 Pro.

Mark Cerny, kepala desainer PS5, mengatakan versi Pro ini telah meningkatkan GPU, sistem AI, dan ray tracing. Mereka juga mengatakan bahwa konsol game terbaru ini adalah yang paling kuat yang pernah dibuat.

“Ini adalah konsol paling kuat yang pernah kami buat,” kata Cerny, di The Verge, Jumat (12/9/2024). Spesifikasi PS5 Pro

PlayStation 5 Pro atau PS5 Pro memiliki desain yang sama dengan pendahulunya. Perbedaannya hanya pada tiga garis hitam yang terdapat pada PS5 Pro.

Kemudian konsol baru ini tidak dilengkapi dengan disc drive dan stand. Oleh karena itu, pengguna perlu merogoh kocek sebesar US$ 110 jika ingin menambahkan kartu Bluray eksternal.

Dengan harga tersebut, PS5 Pro mampu menghadirkan 45% lebih cepat dibandingkan versi sebelumnya.

Konsol game ini juga menawarkan peningkatan kinerja GPU sebesar 67% dan memiliki kecepatan penyimpanan sebesar 28%.

Sony juga menambahkan FPS (Frame Rate per Second), dengan performa stabil.

Menariknya, PS5 Pro dibekali teknologi AI yakni PlayStation Spectral Super Resolusi (PSSR) yang meningkatkan FPS dan performa grafis.

Dengan fitur ini, Sony pun yakin konsol game barunya dapat menyempurnakan kualitas visual game PS4 dan meningkatkan resolusi.

Fitur lain yang disertakan dalam PS5 Pro antara lain Wi-Fi 7, VRR, dan resolusi 8K. Lalu ada penyimpanan SSD 2TB yang bisa diperluas kapasitasnya dengan tambahan slot SSD.

Selain itu, konsol ini bagus untuk digunakan karena kompatibel dengan konsol PlayStation VR2, PlayStation Portal, dan stik PS5.

Pre-order PS5 Pro akan dimulai pada 26 September hingga 7 November.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel