Bisnis.com, JAKARTA – Wakil Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Kartika Wirjoatmodjo angkat bicara soal pergantian jabatan direksi Perum Bulog yang terjadi pada Senin (9/09/2024).

Wakil Direktur Utama PT Bank Mandiri Tbk. (BMRI) bahwa pergantian direktur dilakukan untuk memperkuat kegiatan Perum Bulog ke depan.

Sekadar mengingatkan, Bulog ingin memperkuat perannya ke depan, kata Tiko, sapaan akrabnya, di Kompleks DPRD Jakarta, Selasa (9/10/2024).

Tiko juga membantah reorganisasi tersebut karena kegagalannya memenuhi sejumlah target. Ia kembali menegaskan, aksi BUMN Pangan ke depan akan diperkuat dengan aksi-aksi baru.

Namun, dia belum bisa membeberkan lebih detail mengenai pekerjaan tersebut. Pasalnya, karya tersebut sedang ramai dibicarakan saat ini.

“Masih dikonfirmasi, tapi nanti akan berganti perannya,” ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Menteri BUMN Erick Thohir pada Senin malam (9 September 2024) menunjuk Wahyu Suparyono sebagai Direktur Jenderal Perum Bulog menggantikan Bayu Krisnamurthi. Bayu sendiri menjabat sebagai Presiden dan Direktur Bulog kurang dari setahun. Ia baru dilantik pada Desember 2023 menggantikan Budi Waseso.

Wahyu sendiri sebelumnya menjabat Direktur Utama PT Jaminan Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia atau Asabri (Persero), BUMN asuransi yang memberikan manfaat asuransi dan pensiun kepada TNI, Polri, dan ASN yang bekerja di Kementerian Pertahanan (Kemenhan). . ) dan Polri. 

Jauh sebelum menjadi Presiden dan CEO Asabri, Wahyu melanjutkan karirnya di Perum Bulog. Wahyu diketahui pernah menjabat Direktur Operasional dan Pelayanan Publik Perum Bulog, Ketua Komisaris PT Jasa Prima Logistik (JPL) Perum Bulog, dan Direktur SDM dan Umum Perum Bulog.

Melalui Keputusan Menteri BUMN Nomor: SK-73/DHK.MBU.A/09/2024, Erick pun menambah jabatan baru yakni Wakil Direktur Utama (Wadirut). Posisi tersebut dijabat oleh Marga Taufiq, Wakil Menteri Pertahanan Negara (Menhan) dan Presiden terpilih Prabowo Subianto.

Sebelum menjabat Wakil Direktur, Marga Taufiq bekerja sebagai pegawai khusus di Yayasan Pengembangan Kemampuan Sumber Daya Pertahanan (YPPSDP) Kementerian Pertahanan.

Selain itu, Erick juga menunjuk Sudarsono Hardjosoekarto sebagai chief human capital officer menggantikan Purnomo Sinar Hadi. Sudarsono sebelumnya merupakan guru besar sosiologi dan birokrat serta menjabat Direktur Jenderal Persatuan dan Kebijakan Nasional Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel