Bisnis.com, JAKARTA – Kelompok pembeli eksklusif dengan aset senilai $100 miliar semakin mengecil akibat kontraksi pasar saham.

Sekarang hanya ada 12 orang di grup 12 nomor, jadi 3 orang telah dihapus dari daftar.

Menurut Indeks Miliarder Bloomberg. Meskipun mereka masih termasuk orang terkaya di dunia, kekayaan pengusaha teknologi Nvidia Jensen Huang, pendiri Dell Michael Dell, dan orang terkaya kedua di India Gautam Adani kurang dari $100 miliar.

Menurut Fortune, perubahan kelompok super kaya ini terjadi sejak September dan berdampak negatif pada saham setiap tahunnya.

Semua indeks saham utama ditutup lebih rendah pada minggu lalu, dengan S&P 500 turun 4,2% untuk minggu ini.

Ada risiko penurunan harga saham dalam beberapa bulan mendatang karena ketidakpastian pemilu AS dan angka pengangguran.

Nvidia turun 14% minggu lalu, penurunan satu hari terbesar dalam sejarah perusahaan AS.

Menurut Bloomberg, kekayaan bersih Ketua Hwang, yang memiliki lebih dari 3,5% perusahaan, meningkat dari $105 miliar menjadi $90,5 miliar.

Kekayaan bersih Dell turun dari sekitar $10 miliar pada minggu lalu menjadi $96,3 miliar, menurut Bloomberg, karena harga sahamnya turun pada hari Jumat karena pelemahan di sektor teknologi.

Pada hari Senin, saham Dell naik sekitar 3% di tengah berita bahwa perusahaan tersebut akan bergabung dengan S&P 500 bersama dengan perusahaan analisis data Palantir.

Terakhir, Adani menduduki puncak kelompok elit super kaya dengan kekayaan $99,6 miliar pada hari Minggu, ketika indeks Nifty 50 perusahaan terbesar India mencapai level tertinggi untuk hari ketiga berturut-turut. Indeks naik kurang dari 1% pada akhir Senin.

Bulan Mei lalu, Klub USD 100 meningkatkan keanggotaannya hingga mencapai rekor tertinggi sebanyak 15 orang, berkat apresiasi pasar saham. Di antara yang paling terkenal adalah CEO Tesla Elon Musk, pendiri Amazon Jeff Bezos, dan CEO Meta Mark Zuckerberg.

Di antara orang-orang kaya, raksasa teknologi seperti Zuckerberg dan Huang termasuk di antara mereka yang berpenghasilan tertinggi tahun ini.

Kekayaan bersih Zuckerberg, 40, telah meningkat sebesar $50 miliar tahun ini, mengikuti kekayaan Hwang, yang meningkat sebesar $46 miliar, dan saham Nvidia melonjak di tengah ledakan AI.

Kekayaan gabungan dari 12 perusahaan dalam grup senilai $100 miliar kini kurang dari $1,9 triliun, lebih besar dari kapitalisasi pasar Google.

Simak berita dan artikel lainnya dari Google News dan Channel WA.