Bisnis.com, Jakarta – Korea Tourism Organization (KTO) Jakarta menargetkan jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Korea pada tahun ini sekitar 19.000 orang.

Direktur Kantor KTO Jakarta Kim Jisun mengatakan, pihaknya optimistis bisa mencapai 19.000 kunjungan pada tahun ini melalui berbagai langkah, salah satunya melalui Korea Unique Venue Jakarta Roadshow 2024.

Pada tahun 2019, jumlah wisatawan Indonesia Meeting, Incentive, Convention, Exhibition (MICE) Korea Selatan yang didaftarkan KTO berjumlah sekitar 24.000 orang. Sedangkan pada tahun 2023, jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Korea Selatan sebanyak 18.000 orang atau pulih hanya 74% dibandingkan tahun 2019.

Mr Kim Jisun mengatakan, “KTO optimistis kunjungan wisata MICE Indonesia ke Korea pada tahun 2024 bisa melebihi tahun lalu. Keterangan tertulis kepada Bisnis, Senin (9/9/2024).

KTO Jakarta, lanjutnya, mengikuti kegiatan pameran seperti trip Selasa dan menyelenggarakan pertemuan langsung dengan perusahaan potensial untuk menghadirkan wisata MICE, serta sebagai bentuk dukungan terhadap kelompok insentif atau pertemuan perusahaan di Korea.

Selain itu, faktor utama pendukung wisata MICE adalah venue internasional yang dapat memenuhi kebutuhan wisatawan.

“KTO telah memilih 52 venue MICE atau yang sering kita sebut Korea Unique Venues, yaitu venue-venue unik yang tersebar di seluruh Korea, yang bisa dipilih untuk kegiatan MICE, seperti team building, meeting, pameran, konferensi, dan lain-lain,” jelasnya. .

Korea Unique Venue Jakarta Roadshow 2024 sendiri diadakan untuk mempromosikan wisata MICE kepada travel agent, perusahaan dan berbagai media, termasuk lokasi yang dapat dipilih oleh para perencana sesuai dengan kebutuhan MICE.

“Melalui acara ini, KTO fokus mempromosikan wisata MICE dan 52 Unique Lodis Korea, mengundang langsung perwakilan Unique Lodis Korea serta pengusaha pariwisata Korea seperti lembaga pariwisata daerah, organisasi konvensi, agen perjalanan. Hotel, dan juga mengundang agen perjalanan dan bisnis lokal.

Ada banyak tempat unik Korea terdaftar yang bisa dijadikan referensi destinasi MICE di Korea, seperti Pulau Terapung di Seoul, Korea Selatan.

Lalu ada Eland Cruise (Seoul) yang terkenal sebagai venue Hallyu yang digunakan untuk konten K-Pop, K-Drama, dan K-Film.

Berikutnya Gugak National Art Center (Seoul) yang merupakan pusat seni nasional Korea yang bertujuan untuk melestarikan tradisi seni pertunjukan Korea seperti musik kerajaan dan tarian tradisional.

Jangan lupakan Hyundai Cruise (Gyeonggi), kapal pesiar besar berlantai empat yang mampu mengangkut hingga 1.000 orang di dalamnya Kapal ini memiliki dua ruang makan dan dua ruang terbuka, sehingga perencana acara dapat menggunakan ruang tersebut untuk acara dan aktivitas.

Lalu ada Haslla Art World (Gangwon), Nami Island (Gangwon), Fe01 Upcycled Complex Cultural Space (Ulsan), Clayarch Museum Gimhae (Gyeongnam), Spirited Garden (Jeju) yang sering digunakan untuk acara seperti rapat perusahaan, pertemuan internasional . . dan pesta makan malam.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel