Bisnis.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan kembali menjabat di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara mulai 10 September 2024 hingga akhir masa pemerintahannya pada 19 Oktober 2024.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan Presiden Jokowi akan kembali ke kantor IKN miliknya.

Ia mengatakan, Presiden Jokowi rencananya akan kembali menggelar rapat kabinet di IKN pada Jumat, 13 September 2024.

Undangan rapat kabinet [di IKN] pada hari Jumat, kata Basuki saat ditemui di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (9/9/2024).

Sekadar informasi, sebelumnya Jokowi telah menggelar rapat kabinet pertamanya di IKN pada 12 Agustus 2024. Rapat kabinet yang pertama kali digelar di IKN itu membahas penilaian pemerintah terhadap rencana tahun ini hingga tahun mendatang. termasuk transisi pemerintahan Presiden baru terpilih Prabowo Subianto dan Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka.

Di sisi lain, Basuki memastikan infrastruktur di IKN saat ini lebih siap dibandingkan saat Presiden Jokowi berkuasa pada Agustus 2024.

“Saya pikir tanggal 17 Agustus bisa, sekarang bisa lebih baik lagi. Saya akan ke sana di bandara [Nusantara], juga besok Selasa atau Rabu, semoga bisa mendarat,” ujarnya.

Dijelaskannya, progres pekerjaan runway Bandara Nusantara di IKN saat ini melebihi 2.100 meter, dibandingkan kebutuhan 2.200 meter.

“Saya berharap siang/malam ini kita sudah mencapai 2.200 meter. Rambu-rambu sudah dipasang, akses jalan dan peron sudah selesai,” ujarnya.

Sementara untuk gedung beberapa kementerian, Basuki mengindikasikan proses pengerjaan masih berjalan. Namun, sejumlah bangunan bisa digunakan untuk kegiatan pemerintahan.

Bahkan, kata dia, Menko PMK sudah mengadakan rapat koordinasi di pusat Kementerian Koordinator pada 2 pekan lalu. Menurut dia, meski gedung Kemenko belum rampung 100%, namun sejumlah lantai sudah bisa digunakan.

Selain itu, Basuki mengatakan pembangunan rumah ASN di IKN juga sudah selesai sebagian. Ia mengatakan 14 tower hunian ASN telah selesai dibangun dan siap dihuni.

Air minum juga sudah siap, dan kebutuhan minimal administrasi pemerintahan sudah siap, jelasnya.

Diberitakan sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres), Heru Budi Hartono mengatakan, Presiden Jokowi akan menghabiskan sisa waktunya di proyek kebanggaannya dan berkantor di IKN pada 10 September hingga 19 Oktober.

Rencananya dia menjabat sampai 19 [Oktober], mungkin [September] sampai 19 [Oktober],” ujarnya kepada wartawan di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan, Jumat (6/9/2024).

Lanjutnya, 40 hari lagi, Jokowi akan berkantor di ibu kota Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel