Bisnis.com, Jakarta – Saham tiga emiten BUMN yakni PT Bukit Asam Tbk. (PTBA), PT Aneka Tambang Tbk. (ANTM) dan PT Jasa Marga (Persero) Tbk. (JSMR) memasuki tanggal dividennya hari ini. Analis menilai ketiga saham BUMN PTBA ini patut diwaspadai.

Reza Priambada, penasihat investasi Reliance Sekuritas, mengatakan saham PTBA layak dicermati karena dividennya yang besar, yakni Rp 397 per saham. Namun, tambah Raza, ada beberapa hal yang harus diperhatikan investor saat membeli saham yang membayar dividen.

“Di sisi lain, selain besaran dividen, kami juga fokus pada likuiditas saham. Mungkin sebagian orang berpendapat besaran dividen juga perlu diperhatikan, tapi pada dasarnya jumlah dividen itulah yang masuk ke uang nasabah kami. . Rekening, bukan pemasukan,” kata Raza, Senin (20 Mei 2024).

Raza memperingatkan investor untuk mempertimbangkan jebakan dividen. Jika investor mengincar dividen, jangan terlalu terpengaruh dengan dinamika fluktuasi harga pasar.

“Sebaliknya, jika tujuannya menaikkan harga saham, lihatlah dinamika harganya, apakah emiten tersebut membagikan dividen atau tidak,” ujarnya.

PTBA diketahui akan membagikan dividen kepada pemegang saham senilai Rp 4,57 triliun atau 75% dari laba bersih. PTBA menetapkan tanggal ex-dividen pada 20 Mei 2024.

Ketua PTBA Arsal Ismail mengatakan pemegang saham PTBA mengusulkan pembagian dividen sebesar 75% atau setara Rp4,57 triliun dari laba bersih PTBA tahun 2023 sebesar Rp6,1 triliun.

“Telah disetujui penggunaan laba bersih sebesar Rp4,57 triliun kepada pemilik induk perusahaan tahun buku 2023 sebagai dividen,” kata Arsal saat siaran langsung rapat pemegang saham tahunan PTBA di Jakarta, Rabu/2024.

Pada saat yang sama, ANTM menyetujui pembagian dividen senilai Rp3,07 triliun pada tahun buku 2023 atau setara dengan 100% laba bersih ANTM tahun 2023.

Dalam rapat umum pemegang saham yang digelar Kamis (8/5/2024), pemegang saham ANTM sepakat untuk menetapkan penggunaan laba bersih pemilik induk perusahaan tahun buku 2022, yaitu dividen 100% atau Rp 3,07 triliun.

Di sisi lain, JSMR memutuskan membagikan dividen sebesar Rp 274,8 miliar setara Rp 37,86 per saham.

Rapat pemegang saham Jasa Marga pada Rabu (5 Agustus 2024) memutuskan untuk membagikan dividen kepada pemegang saham sebesar Rp 274,8 miliar atau setara 10% dari laba dasar tahun 2023. Dividen ini setara dengan 4% laba bersih induk perusahaan.

__________

Penafian: Pesan ini tidak dimaksudkan untuk mendorong pembelian atau penjualan saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab atas segala kerugian atau keuntungan yang diakibatkan oleh keputusan investasi pembaca.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA channel