Bisnis.com, JAKARTA – PT MRT Jakarta (Perseroda) mengumumkan jadwal pekerjaan Jalur Timur-Barat antara Cikarang dan Balaraja setelah mendapat persetujuan pinjaman dari pemerintah Jepang. Pada tahap awal proyek angkutan kereta api umum ini akan dilakukan peletakan batu pertama Jalur Tahap I Tahap I yang meliputi jalur Tomang-Medan Satria.

Tuhiyat, General Manager MRT Jakarta, mengungkapkan total panjang MRT Jalur Timur-Barat Tahap I sepanjang 24,5 km dan jalur depo menuju Rorotan sepanjang 5,9 km. Dengan kata lain, total panjang jalur Tahap I sekitar 30,4 km. Peletakan batu pertama perluasan jalur MRT akan dilakukan pada Agustus 2024.

Tuhiyat mengumumkan tahap pengembangan ini akan mencakup 21 stasiun, termasuk 13 stasiun layang dan 8 stasiun metro. Sementara itu, peletakan batu pertama rencananya akan berlangsung di sekitar kawasan Thamrin, Jakarta Pusat.

“Jika tidak ada perubahan sesuai rencana, maka groundbreaking akan dilakukan pada Agustus 2024 dengan target operasional pada tahun 2031,” kata Tuhiyat dalam Forum Jurnalis MRT Jakarta di Jakarta, Kamis (16/5/2024).

Tuhiyat menambahkan, tahap konstruksi ini juga mendapat pinjaman sebesar 140,69 miliar yen atau 14,51 triliun yen (kurs 1 yen = Rp 103,29) dari Japan International Cooperation Agency (JICA).

Pinjaman ini tersedia dengan tingkat bunga tetap sebesar 0,3% per tahun, termasuk 0,2% per tahun untuk konsultan. Jangka waktu pengembalian pinjaman adalah 40 tahun, termasuk masa tenggang (grace period) selama 10 tahun.

Sekadar informasi, proyek MRT Jalur Timur-Barat akan dibagi menjadi dua tahap. Tahap 1 mencakup wilayah DKI di Jakarta, dan dijadwalkan pembangunannya paling lambat pada tahun 2024. Tahap 2 meliputi Banten dan Jawa Barat yang ditargetkan dapat beroperasi pada tahun 2033.

Tahap 1 akan dibagi lagi menjadi Tahap 1 sepanjang 24,5 kilometer yang membentang dari Tomang, Dukuh Atas, Senen, Perintis hingga Medan Satria dan Tahap 2 sepanjang 9,2 kilometer melewati Tomang dan Kembangan.

Sedangkan MRT Timur-Barat Fase 2 akan membentang dari Kembangan, Kelapa Dua hingga Balaraja, 29,9 kilometer barat-timur hingga Banten, dan 20,4 kilometer timur-barat hingga Jawa Barat, melewati Medan Satria dan Cikarang menuju atau bersama.

Untuk berita dan artikel lainnya, kunjungi Google Berita dan WA Channel