Bisnis.com, Jakarta – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) telah bermitra dengan Amundi, perusahaan manajemen aset asal Eropa, sebagai pemegang saham minoritas PT BRI Managemen Investasi. 

Sekretaris Perusahaan BRI Augustia Handy-Bernadi menjelaskan BRI dan Amundi Asset Management menandatangani Perjanjian Penyertaan Saham Bersyarat (CSPA) pada 30 Agustus 2024. 

CSPA mengatur kewajiban dan hak BBRI kepada Amundi sehubungan dengan proyek kerja sama strategis jangka panjang terkait dengan PT BRI Managemen Investasi, anak perusahaan BRI yang bergerak di bidang usaha manajemen investasi.

Rencana transaksinya Amundi akan memesan saham baru kepada BRI Investment Management sehingga Amundi menjadi pemegang saham minoritas dan perseroan tetap menjadi pemegang saham mayoritas BRI MI, ujarnya dalam siaran pers, Selasa (2/2). ). dijelaskan dalam keterbukaan tersebut. 9/2024).

Handy menambahkan, transaksi tersebut direncanakan untuk mendukung pengembangan bisnis BRI MI.

Sekadar informasi, Amundi merupakan perusahaan manajemen aset terkemuka di Eropa. Amundi memiliki lebih dari 100 juta klien investor ritel, institusi, dan korporat. 

Amundi memberikan solusi investasi dengan pengelolaan dana aktif dan pasif atas aset tradisional dan aset riil.

Hingga semester I/2024, dana kelolaan (AUM) Amundi mencapai €2,156 miliar. Ini merupakan angka tertinggi yang pernah dicapai Amundi. Sementara di Asia, total AUM Amundi adalah €451 miliar.

Sementara itu, OJK mencatat BRI MI mengelola 72 produk reksa dana dengan total dana kelolaan Rp33,25 triliun per Juli 2024. 

BRI MI sebelumnya bernama PT Danareksa Investment Management atau DIM. Perusahaan resmi berubah menjadi PT BRI Management Investasi atau BRI-MI pada 5 Juli 2023. 

Hal ini merupakan kelanjutan dari perubahan struktur kepemilikan perseroan pada akhir tahun 2022, yakni 65% dimiliki BRI dan 35% dimiliki PT Danareksa (Persero).

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita dan saluran WA