Bisnis.com, JAKARTA – Pandawa Agri Indonesia mengumumkan keberhasilannya menerbitkan sertifikasi Environmental Product Declaration (EPD) untuk produk WEED Solut-ioN®️ miliknya.

Pencapaian signifikan ini menunjukkan komitmen perusahaan terhadap keberlanjutan dengan secara sukarela mempublikasikan dampak lingkungan dari produknya dalam dokumen EPD.

EPD adalah dokumen berstandar global yang berisi informasi transparan dan terverifikasi mengenai dampak lingkungan suatu produk selama masa pakainya. Dokumen EPD untuk produk WEED Solut-ioN®️ menunjukkan dampak lingkungan dari produk tersebut, seperti konsumsi bahan mentah, penggunaan energi dan air, timbulan limbah, dan emisi.

Informasi ini diperoleh melalui penilaian siklus hidup yang diverifikasi secara independen oleh pihak ketiga yang terakreditasi ketat dan diakui secara internasional.

WEED Solut-ioN®️ diformulasikan menggunakan bahan-bahan alami tidak beracun dan menawarkan alternatif yang aman dan ramah lingkungan dibandingkan metode pengendalian gulma konvensional dengan bahan kimia berbahaya.

Dengan sertifikasi EPD, konsumen kini dapat membandingkan dampak lingkungan dari WEED Solut-ioN®️ dengan produk alternatif lainnya, sehingga memungkinkan mereka mengambil keputusan yang tepat dalam praktik pertanian.

Sertifikasi EPD Pandawa Agri adalah pemimpin dalam solusi pertanian berkelanjutan di Indonesia. Saat ini Pandawa Agri menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang menerbitkan EPD untuk kategori produk kimia utama.

“Kami bangga menjadi perusahaan pertama di Indonesia yang menerima sertifikasi EPD untuk produk kimia besar,” ujarnya.

Sertifikasi ini akan membantu pelanggan membuat keputusan yang tepat mengenai praktik pertanian berkelanjutan. “Dengan memilih WEED Solut-ioN®️, saya dapat mengurangi ketergantungan saya terhadap pestisida dan gas rumah kaca (GRK) secara signifikan.”

Dokumen Deklarasi Produk Lingkungan (EPD) berfungsi sebagai alat penting untuk memberikan informasi yang jelas dan andal tentang dampak suatu produk terhadap lingkungan sepanjang siklus hidupnya. Perolehan sertifikasi EPD ini sejalan dengan komitmen Pandava Agri dalam menawarkan produk ramah lingkungan dan memperkuat aspek keberlanjutan di seluruh operasionalnya.

“Dengan menerbitkan EPD, kami tidak hanya membantu klien memenuhi standar transparansi industri, namun juga memberikan keunggulan kompetitif bagi perusahaan mereka. “Kami yakin hal ini pada akhirnya akan memberikan manfaat bagi pertanian secara global, khususnya di Indonesia,” kata Kukuh.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA channel