Bisnis.com, Jakarta – PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mengumumkan kesiapannya ditunjuk sebagai operator kereta cepat Jakarta-Surabaya.

General Manager Corporate Secretary KCIC Eva Cherunisa mengatakan, pihaknya siap mendukung penuh upaya pemerintah memperluas kereta cepat hingga Surabaya. KCIC akan mengikuti instruksi dan keputusan yang diambil pemerintah selanjutnya mengenai masalah tersebut.

KCIC juga bersedia ikut serta dalam proyek tersebut jika nantinya pemerintah menunjuknya sebagai operator kereta cepat Jakarta-Surabaya. Sebab, KCIC juga berpengalaman membangun dan mengoperasikan kereta cepat Jakarta-Bandung atau kereta cepat WHOOSH.

“Kami siap jika ada instruksi pemerintah untuk menjadi operator [kereta cepat Jakarta-Surabaya],” ujarnya saat dihubungi Bisnis, dikutip Rabu (15/5/2024).

Sementara itu, Eva juga membeberkan perkembangan terkini terkait kelanjutan perpanjangan proyek kereta cepat ke Surabaya. Dia mengatakan, pemerintah masih mendiskusikan proses perpanjangan jalur kereta cepat hingga Surabaya. Saat ini sedang dilakukan kajian dengan penyusunan pra studi kelayakan atau feasibility study (FS).

Selain itu, koordinasi dengan kementerian terkait terkait kajian ini juga terus dilakukan. Eva menambahkan, KCIC juga terlibat dalam proses kajian tersebut. Namun, dia tidak menyebutkan apa keterlibatan atau peran KCIC dalam kajian kesiapan pra-FS tersebut.

“Saat ini kami masih dalam proses kajian bersama untuk mempersiapkan Pra-FS, sehingga informasi yang bisa kami sampaikan masih belum banyak, namun kami selalu berkoordinasi mengenai hal tersebut”, jelas Eva.

Juru Bicara Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Jodi Mahardi mengatakan, perkembangan terkini terkait rencana pembentukan tim proyek perpanjangan jalur kereta cepat ke Surabaya di Jawa Timur.

Jodi menjelaskan, pembentukan tim yang direncanakan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Pandjaitan bertujuan membantu proyek tersebut tetap berjalan dan lancar di masa transisi pemerintahan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Presiden terpilih Prabowo Subiano.

Ia mengatakan, pembentukan tim ini juga sedang dibahas. Rencananya tim proyek akan memperluas jalur kereta cepat hingga Surabaya dengan melibatkan beberapa instansi dan organisasi terkait.

Timnya antara lain Kementerian Koordinator Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan, lalu KAI, dan sebagainya, kata Jodi.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel