Bisnis.com, Bali – Pemerintah Indonesia siap menyambut delegasi dan tamu istimewa World Water Forum ke-10 dalam acara fine dining di Garuda Wisnu Kencana (GWK) di Bali, Minggu (19 Mei 2024).

Menteri Luar Negeri dan Perencanaan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengumumkan GWK siap menjadi tuan rumah forum air terbesar di dunia.

Berbagai persiapan telah dilakukan oleh pemerintah negara bagian untuk pemulihan sarana dan prasarana GWK, antara lain pemeliharaan patung, pembersihan jurang, pengecatan, dan persiapan pertahanan.

“Persiapannya sudah berjalan dan yang pasti kami siap menerima tamu di World Water Forum ke-10,” kata Luhut, Sabtu, 18 Mei 2024.

Luhut mengatakan, GWK sering dijadikan tempat penyelenggaraan acara internasional, termasuk jamuan makan malam para pemimpin nasional. Beliau juga mendoakan kesuksesan pada World Water Forum Representative Dinner 2024 di GWK.

“GWK sudah banyak menjadi tuan rumah acara pangan internasional, dan saya kira persiapannya sudah sangat memadai. Kita berharap acara ini sukses dan damai,” kata Menteri Koordinator Luhut.

Sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Bali Pramella Yunidar Pasaribu mengatakan, direncanakan ada 9.477 delegasi dari 104 negara yang akan berpartisipasi pada Mei 2024. Forum air terbesar di dunia itu digelar di Nusa Dua, Kabupaten Padang. , Bali dari tanggal 18 sampai dengan tanggal 25.

Pihaknya menyiapkan tiga loket imigrasi untuk para delegasi. Kedatangan perwakilan asing tersebut dimulai pada Rabu (15/5), demikian penjelasannya.

Secara terpisah, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Bassuki Hadimuyono mengatakan tujuh kepala negara berencana hadir di Bali, yakni Timor Timur, Fiji, Tajikistan, Sri Lanka, Hongaria, Maroko, dan Indonesia. Di sisi lain, ada kepala negara lain yang masih menunggu kepastian kedatangannya.

Selain itu, terdapat tiga wakil perdana menteri di Malaysia, Papua Nugini, dan Slovakia, serta tiga utusan khusus presiden di Belanda, Prancis, dan Uni Emirat Arab. 105 menteri dari 132 negara dan organisasi internasional akan menghadiri Forum Air Dunia.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel