Bisnis.com, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyatakan masih melakukan lobi agar CEO NVIDIA Jensen Huang bisa berkunjung ke Indonesia. Jika itu terjadi, maka tiga raksasa teknologi akan berkunjung ke Indonesia pada tahun 2024.

Dua pemimpin raksasa teknologi yang akan berkunjung ke Indonesia tahun ini adalah CEO Apple Tim Cook pada 17 April 2024 dan CEO Microsoft Satya Nadella pada 30 April 2024.

Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi mengatakan, pihaknya masih mencari jadwal pertemuan Jensen Huang dalam kunjungannya ke Indonesia.

“Kami sedang mencari waktu,” kata Budi, Selasa (30 April 2024) saat ditemui di Kementerian Komunikasi dan Informatika di Jakarta.

Direktur Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Kementerian Komunikasi dan Informatika Usman Kansong mengatakan Kementerian Komunikasi dan Informatika belum bisa memastikan tanggal kedatangan Jensen Huang di Indonesia.

“Kami biasanya tahu kapan kami sudah cukup dekat. Ya, seperti kemarin ketika Tim Cook (CEO Apple) ditemukan pada bulan April, kata Usman.

Rencananya pemain teknologi global lainnya, termasuk investasi di Indonesia, akan dibahas dalam pertemuan dengan para eksekutif NVIDIA.

“Investasi, kerja sama dan pengembangan teknologi dibahas. Memang benar. “Tidak ada bedanya,” katanya.

Usman menambahkan, Kementerian Kominfo berharap pertemuan dengan Jensen Huang di Indonesia bisa dilakukan secepatnya, termasuk pada tahun ini. “Kami ingin cepat sekali agar semua raksasa dunia datang ke Indonesia pada tahun ini,” ujarnya.

Sebelumnya PT Indosat Tbk. (ISAT) atau Indosat Ooredoo Hutchison dan NVIDIA berkomitmen membangun AI center bernama Indonesia AI Nation di Solo, Jawa Tengah dengan nilai investasi hingga USD 200 juta atau sekitar Rp 3,18 triliun.

Alasan Solo dipilih sebagai lokasi investasi adalah karena Solo memiliki sumber daya manusia yang cukup mumpuni di bidang teknologi.

Selain itu, CEO Indosat Vikram Sinha dan Walikota Independen Gibran Rakabuming Raka juga membahas masalah tersebut. Sementara itu, rencana pembangunan AI center akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

“Ini akan segera menjadi landasan yang akan kami bangun untuk AI Center Indonesia. NVIDIA adalah perusahaan chip. Pabrik juga, detailnya nanti, tunggu saja kabarnya ada komitmennya. “Rencananya akan selesai dalam waktu dekat,” kata Budi.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel