Bisnis.com, Jakarta – Indonesia menggunakan mata uang lokal atau transaksi mata uang lokal (LCT) untuk transaksi perdagangan dengan Korea Selatan. Pelonggaran dolar yang bertujuan untuk mengurangi ketergantungan perdagangan antara Indonesia dan Korea Selatan akan resmi dimulai pada 30 September 2024. 

Pelonggaran dolar terjadi setelah Bank Sentral Indonesia (BI), Bank of Korea (BOK) dan Kementerian Keuangan Korea menyepakati kerangka kerja sama LCT sebagai tindak lanjut dari Memorandum of Understanding (MoU) yang ditandatangani pada bulan Mei 2023. Perjanjian kerangka kerja pada Juni 2024.

“[Kerjasama LCT] untuk mendorong penggunaan mata uang lokal Rupiah-Won dalam transaksi perdagangan antara Indonesia dan Korea Selatan hari ini [30/08/2024]. Sistem LCT antara Indonesia dan Korea Selatan akan berlaku mulai 30/09/2024 .” kata pejabat BI dalam keterangannya, Jumat (30 Agustus 2024). 

Pengenalan kerangka LCT antara Indonesia dan Korea Selatan merupakan pencapaian penting dalam kerja sama keuangan bilateral kedua negara. Sistem LCT memperkuat interkoneksi bank-bank yang ditunjuk sebagai dealer lintas mata uang (ACCD) untuk memfasilitasi transaksi terkini antar negara dalam mata uang lokal. 

BI menjelaskan, kerja sama ini akan mendorong nilai tukar langsung (direct pricing) antara IDR dan KRW, serta memfasilitasi regulasi untuk mendorong penggunaan LCT. 

“Di masa depan, penerapan kerangka LCT akan meningkatkan perdagangan bilateral, mengurangi risiko nilai tukar dan meningkatkan efisiensi transaksi,” lanjut bank sentral. 

Selain itu, BI dan BOK telah menunjuk bank-bank berikut ini sebagai bank ACCD di Indonesia dan Korea Selatan, sehingga memfasilitasi peluncuran struktur LCT Rupiah-Won. Dealer Bank Indonesia (ACCD) membongkar dolar dengan Korea Selatan: PT Bank Mandiri (Persero) Tbk PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk PT Bank Central Asia Tbk PT Bank CIMB Niaga Tbk PT Bank BTPN Tbk PT Bank Maybank Indonesia Tbk PT Bank OCBC NISP Tbk PT Bank DBS Indonesia PT Bank Woori Saudara Indonesia 1906 Tbk PT Bank KEB Hana Indonesia PT Bank Shinhan Indonesia PT Bank IBK Indonesia Tbk PT Bank KB Bukopin Tbk

Bank ACCD di Korea Selatan:

• Bank Woori

• KEB Hana Bank Seoul

• Bank Shinhan Seoul

• Bank Industri Korea

• Bank Kookmin

• SMBC Seoul

• Cabang BNI Seoul

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA