Bisnis.com, JAKARTA – Nama selebriti dan politikus Reno Carno kini mencuat usai pencalonan calon di Sukabumi.

Renault Carno digadang-gadang menjadi Wakil Gubernur DKI. Mula-mula beredar kabar dia adalah Wakil Gubernur Enis, kemudian tersebar informasi bahwa dia adalah Wakil Gubernur Pramono Anong.

Popularitas nama Reno Carno membuat film dan serial Si Doel Anak Sekolan muncul di media sosial.

Siapa yang tidak kenal C Dual? Tokoh fiksi ini merupakan tokoh utama dalam serial Si Doel Anak Betawi, Si Doel Anak Sekolan, dan berbagai film lainnya. Betawi ini menjadi salah satu ikon televisi tahun 90an. Bagi yang belum pernah menonton, berikut daftar film dan serial Si Doel yang wajib ditonton: 1. Si Doel Anak Betawi (1972)

Kisah C. Duale bisa dikatakan menjadi saksi kehidupan dan karier Renault Carnot. Si Doel Anak Betawi produksi tahun 1972 diperankan oleh Reno Carno saat berusia sekitar 12 tahun. Cerita ini diadaptasi dari novel berjudul sama karya Datuk Madjuando.

Merupakan film yang disutradarai oleh Sjuman Djaya yang menceritakan tentang Doel, seorang anak laki-laki yang tumbuh di masyarakat di Tawi. Saat itu, Doyle berusaha mematahkan stigma masyarakat yang memandang Batawi konservatif.

Film ini dibintangi oleh Reno Carno, Benjamin Suav, Toti Kirana, Pippi Young dan masih banyak nama legendaris lainnya. 2. Anak Sekolah Ganda (1994)

Si Doel Anak Sekolan adalah sebuah sinetron yang tayang pada tahun 1990an di televisi Indonesia. Sinetron ini kembali menghadirkan kehidupan keluarga C. Doyle dalam versi yang lebih modern.

Sejak pertama kali tayang, sinetron ini sangat populer. Bahkan, saat ini berbagai episode masih bisa Anda saksikan di stasiun TV RCTI. “Si Doel Anak Sekolan” sendiri terdiri dari 6 musim.

Sinetron ini bercerita tentang C. Doyle yang kini sudah dewasa dan berhasil membuktikan bahwa masyarakat Batawi juga bisa mengenyam pendidikan tinggi. Meski hidup di tengah modernisasi Jakarta, Doel dan keluarga tetap menjaga nilai-nilai budayanya.

Tak hanya itu, sinetron ini juga terjun ke genre romance. Kehidupan C. Dual diwarnai dengan kehadiran dua wanita yang mencintainya, Sara (Cornelia Agatha) dan Zeinab (Mudi Kosnadi). Oleh karena itu, sinetron C. Dual semakin menarik perhatian masyarakat.

Sinetron ini juga mengandung unsur komedi yang sering dibawakan oleh para aktornya. Dua tokoh yang menonjol adalah Aton (Suti Karno) dan Mandra (Mandra Naya). Beberapa momen lucu mungkin sudah tidak asing lagi bagi Anda, seperti Eton yang ketahuan terompet dan Mandra yang suka membuat ulah. 3. Film Si Doel (2018)

Setelah sukses dengan versi sinetronnya, kisah C. Doyle diangkat kembali menjadi sebuah film. Tak tertahankan, kisah C. Doyle diperluas menjadi tiga film. Ide dari ketiga film tersebut adalah kelanjutan dari versi sinetronnya. Jadi Anda akan mendapatkan pengalaman yang lebih baik jika menonton versi sinetronnya.

Film pertama dari trilogi cerita Si Doel tayang pada tahun 2018. Film ini kembali menceritakan tentang Si Doel yang ditinggal oleh wanita yang dicintainya, Sara.

Setelah empat belas tahun berpisah, Doel – yang kini menikah dengan Zainev – pergi ke Amsterdam untuk mencari Sara. Namun hati Doel harus memilih antara Sarah dan Zeinab. Cerita semakin menarik ketika Doel mengungkapkan kepada Sarah bahwa dirinya memiliki seorang anak.

Film garapan Renault Carno yang disutradarai oleh Renault Carno ini bisa kamu tonton di platform Netflix dan Video. 4. Si Doel Film 2 (2019)

Melanjutkan film pertama, dilema Doyle semakin parah ketika Sarah dan putranya mencoba tinggal di Jakarta. Istri Dual, Zainab, harus memilih antara mempertahankan pernikahannya atau melepaskannya.

Film kedua ini dirilis pada tahun 2019. Masih disutradarai oleh Renault Carno, film ini bisa kamu saksikan di platform Netflix dan Video. 5. Akhir Kisah Cinta C. Doyle (2020)

Sebagai penutup dari trilogi film C. Dual, film ini menyajikan cover story kisah cinta C. Dual. Dalam film ini, Doel dihadapkan pada dua pilihan sulit, antara bersatu kembali dengan keluarganya – Sara dan Hilda – atau mempertahankan pernikahannya dengan Zeinab. Anda juga dapat menonton film Renault Carno ini di Netflix dan Video. 6. Si Doel Serialnya (2022)

Di serial ini, cerita Si Doel lebih fokus pada Dole (Ray Bong), anak Dole yang sudah mulai puber dan bersekolah di Jakarta. Dengan bantuan temannya, Tari (Nabila Bintang), Doll berani bercerita tentang penyakit ibunya.

Serial garapan Reno Karno ini juga menampilkan kisah cinta persegi antara Doll, Tari, dan dua sahabatnya. Serial ini memiliki 16 episode yang bisa kamu tonton di platform VISION+. (Rafi Abid dan Vibisuno)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel