Bisnis.com, Jakarta – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) memastikan sistem pembayaran tol contactless nonstop atau Multi Lane Free Flow (MLFF) akan diterapkan di Tol Bali Mandara pada akhir tahun 2024.

Direktur Jenderal Pembiayaan Infrastruktur (Dirgen) Kementerian PUPR Triono Junoasmono menjelaskan, pihaknya berangkat ke Hongaria untuk membahas dukungan teknis sebelum pelaksanaan transisi MLFF ke Single Lane Free Flow (SLFF) di Bali.

“[Hasil pertemuan] bagus, kami koordinasi dengan mereka. Intinya kedua belah pihak, baik kami maupun Hongaria, sepakat untuk mempercepat pelaksanaan MLFF,” kata Triono, Senin (26/8/2024). saat mereka bertemu di Menara Mandiri 2, Jakarta.

Yongki mengatakan penerapan sistem MLFF di Tol Bali Mandara akan dilakukan secara paralel dan akan dimulai pada akhir tahun. Nantinya, penerapan konsep transisi tersebut akan dituangkan dalam kontrak baru yang ditandatangani dengan Roatex Indonesia Toll System (RITS) sebagai badan usaha pelaksana (BUP).

Menurutnya, jika penerapan MLFF di Bali berjalan lancar, maka proses penerapan sistem akan diperluas ke 6 departemen besar lainnya. Tol Balikpapan – Samarinda (Balsam), Tol Jagorawi, dan Tol Jakarta – Sicampek (Japek) yang dimaksud.

Setelah itu, Tol Sodijatmo, Tol Dalam Kota, dan Tol Lingkar Luar Jakarta (JORR) 1 juga masuk dalam daftar tol yang akan menerapkan MLFF pada awal masa transisi. 

“Tujuannya kita mulai akhir tahun ini. Namun, dari segi teknis harusnya sudah siap agar nanti kita bisa berdiskusi secara teknis secara detail mengenai poin-poin yang sudah kita sepakati, namun detailnya akan kita bahas secara detail dan e.a. mereka setuju,” katanya. Akhirnya berkata. 

Sebelumnya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengaku optimistis MLFF bisa dilaksanakan pada tahun ini.

Basuki menegaskan, penerapan sistem MLFF di Bali nantinya akan dilakukan dengan pembatas atau portal pembatas di pintu tol. 

Sementara itu, hal itu dilakukan untuk mengurangi kemungkinan hilangnya pungutan tarif jalan tol yang diterima Badan Usaha Jalan Tol (BUJT).

“Saya berharap dan yakin MLFF bisa dilaksanakan tahun ini, tapi mungkin bukan MLFF secara langsung tapi SLFF,” jelas Basuki.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel