Bisnis.com, JAKARTA – Bank sentral Amerika Federal Reserve (Fed) semakin memberikan sinyal jelas terkait kebijakan penurunan suku bunga pada September 2024.

Hal ini terungkap dalam pidato Ketua Federal Reserve Jerome Powell saat konferensi ekonomi tahunan di markas besar Fed Kansas City di Jackson Hole, Wyoming pada Jumat (23/8/2024).

Menurut Reuters, Powell mengatakan dalam pidatonya bahwa risiko inflasi telah menurun. Pada saat yang sama, risiko PHK juga menurun.

“Sudah waktunya untuk perubahan kebijakan. Arahnya jelas, dan waktu serta kecepatan penurunan suku bunga akan bergantung pada data yang muncul, perubahan prospek, dan keseimbangan risiko,” kata Powell dalam pernyataannya.

Powell menjelaskan bahwa tujuan dan tugas yang diberikan Kongres AS kepada The Fed hampir tercapai, dengan pertumbuhan kembali ke 2% dan pengangguran. Seperti diketahui, pada masa pandemi Covid-19, inflasi di AS meningkat menjadi sekitar 7% dan tingkat pengangguran pun meningkat. 

Powell menjelaskan bahwa peningkatan tingkat pengangguran hingga hampir satu persen pada tahun lalu terutama disebabkan oleh peningkatan perekrutan dan lambatnya perekrutan. Dia menjelaskan, hal tersebut bukan karena adanya penambahan lapangan kerja atau PHK.

Dia mengatakan tingkat pengangguran AS saat ini 4,3%. Angka ini dinilai berada pada tingkat yang menjamin stabilnya inflasi dalam jangka panjang. 

“Kami tidak mengharapkan atau menunggu pemulihan kondisi pasar tenaga kerja berikutnya,” kata Powell. 

Catatan bisnis menunjukkan investor memperkirakan Powell akan memberikan indikasi jelas bahwa inflasi sudah cukup turun untuk mendukung penurunan suku bunga The Fed pada September mendatang.

Selain itu, perhatian trader juga tertuju pada kekhawatiran pejabat The Fed terhadap peningkatan angka pengangguran.

Sebagian besar analis The Fed mempunyai cukup bukti bahwa inflasi sudah cukup turun untuk menurunkan suku bunga. Namun para ekonom Deutsche Bank mengatakan akan sulit bagi Powell untuk melakukan intervensi terhadap kebijakan suku bunga sebelum pidatonya nanti di Jackson Hole.

Powell telah berjanji untuk tidak bergantung pada data, dan ada banyak data ekonomi menjelang pertemuan The Fed pada 17-18 September 2024.

Pejabat Fed memiliki pandangan beragam mengenai penurunan suku bunga pada bulan September. Beberapa pihak mendukung suku bunga yang lebih rendah karena inflasi menurun dari puncaknya, namun beberapa pihak menyarankan The Fed tidak akan bertindak terlalu cepat.

Presiden Fed Philadelphia Patrick Harker mengatakan bank sentral harus memulai proses pelonggaran kebijakan kecuali ada kejutan pada data ekonomi.

“Saya pikir pendekatan yang lambat dan bertahap adalah cara yang harus dilakukan,” kata Reuters.

Presiden Fed Boston Susan Collins mengatakan hal yang sama dan mengisyaratkan kemungkinan dukungannya untuk memotong suku bunga pada pertemuan kebijakan bank sentral AS bulan depan.

“Saya pikir ini saatnya untuk mulai menenangkan diri,” kata Collins dalam sebuah wawancara di Fox Business.

Collins, yang mengadvokasi kesehatan, mengatakan akan tepat jika proses tersebut dikurangi secara bertahap mengingat sikap politik yang berbeda.

Di sisi lain, Presiden Fed Kansas City Jeffrey Schmid menyatakan belum siap mendukung penurunan suku bunga.

“Bagi saya masuk akal untuk melihat beberapa data yang akan keluar dalam beberapa minggu ke depan,” kata Bloomberg.

Dia menekankan bahwa sebelum bank sentral mengambil tindakan atau merekomendasikan tindakan, bank sentral perlu mengetahui lebih banyak data untuk masa depan.

Risalah rapat kebijakan bank sentral pada 30-31 Juli yang diterbitkan Rabu (21/8/2024) mengungkapkan beberapa pejabat The Fed melihat adanya dasar yang baik untuk menurunkan suku bunga pada bulan lalu.

Sementara itu, banyak pihak lain yang berpendapat bahwa penting untuk tetap tenang pada pertemuan 17-18 September mendatang.

Untuk berita dan artikel lainnya, kunjungi Google Berita dan Channel WA