Bisnis.com, JAKARTA – Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga memastikan Maarten Paes tak akan hadir saat timnas Indonesia bertandang ke Arab Saudi untuk laga kualifikasi Piala Dunia 2026.

Pada Minggu (18/8/2024), Maarten Paes diperbolehkan membela Timnas Indonesia setelah PSSI memenangkan kasus tersebut di FIFA dan Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS).

FIFA memberikan restu kepada Maarten Paes untuk melindungi timnas Indonesia pasca perpindahan federasi sepak bola nasional dari KNVB (Belanda) ke PSSI (Indonesia).

Namun Maarten Paes dipastikan absen saat Timnas Indonesia bertandang ke Arab Saudi pada laga pertama Grup C Kualifikasi Piala Dunia 2026 kawasan Asia pada 5 September mendatang.

Pasalnya, Paes tidak bisa mendaftar karena PSSI sudah mengirimkan daftar nama pemain yang akan menghadapi Arab Saudi di Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC).

Dalam laman YouTubenya, Arya Sinulingga mengatakan: “Ada arahan AFC yang menyatakan kami harus mendaftarkan pemain untuk pertandingan pertama. Laga pertama kami melawan Arab Saudi, 5 Agustus.”

Pendaftaran pemain AFC selesai ketika Paes diumumkan sebagai calon bek timnas Indonesia pada 18 Agustus.

Arya menambahkan, Paes sudah mendaftar untuk pertandingan kedua, saat menjamu Australia pada 10 September mendatang.

“[Paes] kapan dia bisa bermain? Aturan AFC selanjutnya adalah untuk pertandingan ke-2 dan ke-10 di babak ke-3, pendaftaran pemain adalah tujuh hari sebelum pertandingan berakhir. Kami bermain melawan Australia pada 10 September, yang artinya batas waktunya. pemain] adalah 3 September.

Arya membenarkan PSSI telah mendatangkan Paes untuk laga kedua melawan Australia usai uji coba.

Paes (26), kiper FC Dallas Liga Amerika, menjadi penghubung penting di timnas Indonesia.

Kiper asal Belanda tersebut telah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) sejak 30 April, namun tunduk pada peraturan FIFA karena ia bermain untuk timnas Belanda saat usianya sudah dewasa.

Namun karena pengaruh dan argumentasi PSSI, Paes akhirnya diperbolehkan membela timnas Indonesia dan berhenti bermain untuk Belanda.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita dan Jaringan WA