Bisnis.com, JAKARTA – Banyak wanita yang merasa minder jika memiliki lingkaran hitam di bawah mata atau biasa disebut mata panda.

Sebab hal ini membuat Anda terlihat lelah dan lebih tua dari usia sebenarnya.

Umumnya lingkaran hitam di bawah mata disebabkan oleh kurang tidur dan kelelahan.

Namun ternyata ada banyak masalah kesehatan yang bisa menjadi penyebab munculnya lingkaran hitam di bawah mata. Apa yang menyebabkan lingkaran hitam.

Ada banyak faktor, antara lain: Ketidaksempurnaan: Ketidaksempurnaan dapat menyebabkan peradangan dan pelebaran pembuluh darah di bawah mata, sehingga memperparah kegelapan. Genetika: Beberapa orang rentan mengalami lingkaran hitam karena faktor genetik, seperti kulit tipis atau pigmentasi. Dehidrasi: Saat tubuh dehidrasi, kulit bisa terlihat kusam sehingga lingkaran hitam semakin terlihat. Kurang tidur: Kelelahan dapat menyebabkan kulit tampak pucat, sehingga jaringan gelap dan pembuluh darah di bawah kulit semakin terlihat. Penuaan: Seiring bertambahnya usia, kulit di sekitar mata menjadi lebih tipis, membuat pembuluh darah lebih terlihat, sehingga menyebabkan tampilan lebih gelap.  Makanan sehat untuk mengatasi lingkaran hitam

Menurut Dr. Ishmeet Kaur, MD, Konsultan Dermatologis, Dermosphere Clinic, penulis, Good Skin Bad Skin, “Pola makan seimbang yang kaya vitamin dan mineral dapat memberikan efek positif pada kulit Anda. Makanan tinggi antioksidan, seperti buah-buahan dan sayuran, dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan dan memperbaiki penampilannya Secara umum, makanan kaya zat besi, seperti sayuran hijau dan daging tanpa lemak, bisa sangat membantu jika lingkaran hitam Anda berhubungan dengan kekurangan zat besi. Selain itu, mengurangi jumlah garam di bawah mata Anda juga bisa membantu mengurangi retensi cairan.

Salah satu cara termudah dan efektif untuk mengurangi lingkaran hitam adalah dengan memastikan Anda cukup tidur. Usahakan untuk mendapatkan tidur berkualitas selama 7-9 jam setiap malamnya.

Selain itu, mengelola stres melalui aktivitas seperti meditasi, olahraga, atau yoga dapat membantu mengurangi munculnya lingkaran hitam, karena stres dapat memperburuk masalah ini dengan memengaruhi tidur Anda dan kesehatan kulit secara keseluruhan.

Perlindungan terhadap sinar matahari setiap hari penting untuk mencegah penggelapan lebih lanjut. Gunakan tabir surya berspektrum luas dengan setidaknya SPF 30 dan kenakan kacamata hitam untuk melindungi kulit halus di sekitar mata Anda dari sinar UV.

Dehidrasi dapat membuat lingkaran hitam lebih terlihat, jadi penting untuk tetap terhidrasi dengan minum banyak air sepanjang hari. Mengompres mata dengan kompres dingin atau irisan mentimun dingin untuk sementara dapat mengurangi bengkak dan lingkaran hitam dengan cara menyempitkan pembuluh darah.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel