Bisnis.com, JAKARTA – Harga emas terlihat berada di sekitar level utama $2.500 di tengah ekspektasi pasar terhadap penurunan suku bunga utama AS bulan depan. Emas diperkirakan akan menjadi lindung nilai jika The Fed memangkas suku bunga acuannya. Alhasil, semakin banyak investor yang mencari logam kuning tersebut.

Emas spot turun 0,2% menjadi $2,502.78 per troy ounce pada Senin (19/08/2024), mengutip Reuters. Sementara itu, emas berjangka AS naik 0,2% menjadi $2,541.80 per troy ounce.

Kegembiraan atas kemungkinan penurunan suku bunga oleh Federal Reserve AS pada bulan September mendorong harga emas ke level tertinggi sepanjang masa di $2,509.65 pada hari Jumat pekan lalu. 

Peningkatan ini juga terkait dengan meningkatnya ketegangan geopolitik dan kuatnya pembelian oleh bank sentral, yang menyebabkan harga logam mulia naik lebih dari 20% pada tahun 2024.

“Emas telah mengejar level psikologis $2.500 selama beberapa bulan dan sekarang setelah level tersebut tercapai, kita melihat beberapa aksi ambil untung secara alami,” kata Tim Waterer, kepala analis pasar, KCM Trade.

Pekan lalu, penjualan ritel AS yang kuat dan klaim pengangguran yang lebih rendah dari perkiraan, serta data inflasi yang rendah, memulihkan kepercayaan terhadap perekonomian terbesar di dunia tersebut.

Pelaku pasar percaya bahwa The Fed AS akan menurunkan suku bunganya bulan depan, dan kami kini berfokus pada besaran pemotongan tersebut. Pelacak CME, FedWatch memperkirakan peluang 75,5% penurunan suku bunga sebesar 25 basis poin. 

“Pedagang akan melihat nada dan bahasa Jerome Powell di Jackson Hole (pada hari Jumat) untuk mengisi beberapa kesenjangan dalam hal tersebut,” tambah Waterer.

Selain itu, pasar juga akan menantikan risalah pertemuan Fed bulan Juli pada hari Rabu untuk mendapatkan petunjuk lebih lanjut.

Sementara itu, tingkat kepemilikan di SPDR Gold Trust, dana yang diperdagangkan di bursa emas terbesar di dunia, naik hampir 1% pada hari Jumat lalu. Spekulan emas COMEX juga meningkatkan posisi net buy mereka sebanyak 34.197 kontrak dalam pekan yang berakhir 13 Mei.

Beberapa bank Tiongkok telah menerima kuota impor emas baru dari bank sentral, memperkirakan permintaan akan meningkat meskipun harga mencapai rekor tinggi.

Dalam pergerakan lainnya, perak spot naik 0,2% pada $29,08 per ounce, platinum naik 0,4% pada $957,75 dan paladium turun 0,4% pada $947,13.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel