Bisnis.com, JAKARTA – Indeks Sektor Energi BEI ditutup di zona merah bertepatan dengan pergantian Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral dari Arifin Tasrif menjadi Bahlil Lahadalia, Senin (19/8/2024).

Berdasarkan data Bloomberg, IDX Energy turun 0,32 poin atau 0,06% menjadi 2.563,36 pada akhir perdagangan hari ini, Senin (19/8/2024).

Indeks BEI Energy melemah seiring dengan IDX Healthcare yang melemah 0,45% dan IDX Infrastructure yang melemah 0,44% pada perdagangan hari ini.

Sebaliknya, indeks IDX Consumer Cyclicals terlihat menguat dengan penguatan 3,3% hari ini. Jalur hijau juga dilewati Industri BEI yang terapresiasi 1,18%.

Penurunan harga saham PT Medco Energi Internasional Tbk pada saham PT Medco Energi Internasional Tbk. (MEDC) sebesar 2,25% menjadi Rp 1.305, PT Adaro Energy Indonesia Tbk. (LAPORAN) -0,61% menjadi Rp 3.260, dan PT AKR Corporindo Tbk. (AKRA) yang turun 0,99% ke level Rp 1.500 per saham hari ini.

Harga saham PT Delta Dunia Makmur Tbk. (DOID) menjadi pihak yang paling dirugikan di antara konstituen Energi BEI. Saham kontraktor pertambangan turun 3,38% menjadi Rp.

Harga saham ini dari PT TBS Energi Utama Tbk. (TOBA) menjadi saham BEI paling menguntungkan dengan kenaikan 19,53% menjadi Rp 404 per saham. 

Dilansir Bisnis, usai dilantik Presiden Joko Widodo, Menteri ESDM Bahlil Lahadalia menjelaskan beberapa hal yang perlu diperhatikan. Salah satunya dengan mengembangkan hilirisasi LPG untuk mengurangi impor LPG sebagai salah satu PR.

“Kita banyak mengimpor gas, C3 dan C4 [propana dan butana], kemanapun kita arahkan Pak Presiden [terpilih] Prabowo dan Pak Jokowi, kita segera bangun hilirisasi LPG,” kata Bahlil dalam komentarnya usai Alih Pekerjaan di Kementerian. Energi dan Sumber Daya Mineral, Senin (19/8/2024).

Bahlil mengatakan, di sisa 2 bulan masa pemerintahan Jokowi-Ma’ruf Amin, ia akan duduk bersama Dirjen Pertamina untuk mendorong pengembangan produksi LPG dalam negeri yang lebih murah agar tidak lagi bergantung pada impor.

Ia menambahkan, Kementerian ESDM diminta mengoptimalkan peningkatan perolehan minyak, khususnya pada sumur-sumur idle yang disediakan SKK Migas. Ia pun tak segan-segan memperluas upayanya untuk mendorong investasi hulu migas dalam negeri agar lebih kompetitif.

Penafian: berita ini tidak dimaksudkan untuk mendorong pembelian atau penjualan saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Bisnis.com tidak bertanggung jawab atas segala kerugian atau keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca kami.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel