Business.com, JAKARTA – Menteri Keuangan (MINK) Bapak Mulani Indravati mengatakan sebagian anggaran pendidikan tahun 2025 akan digunakan untuk program andalan Presiden terpilih Pravo Subianto yakni makan gratis.

Sedangkan pemerintah mengalokasikan Rp722,6 triliun untuk pendidikan dalam RAPBN 2025. Anggaran Rp 71 triliun untuk program gizi gratis ada di anggaran pendidikan, kata Pak Mulaney.

Rp 71 triliun hadir untuk program pangan gratis pilihan Presiden, kata Pak Mulaney pada konferensi pers RAPBN 2025 di Kantor DJP Kementerian Keuangan, Jumat (16/8/2024).

Anggaran program gizi gratis akan lebih dikontrol oleh tim program dan akan terus disesuaikan, ujarnya. Dengan begitu, lanjutnya, program tersebut tidak hanya memberikan manfaat bagi pelajar, namun juga memberikan efek multiplier finansial di tingkat daerah.

Seperti kita ketahui, pemerintah mengalokasikan anggaran sebesar Rp71 triliun atau 0,29% PDB sesuai RUU pada APBN 2025.

Buku ke-2 RUU RPABN 2025 menyebutkan anggaran opsional sebesar Rp71 triliun akan digunakan untuk pengelolaan pangan, distribusi (keamanan), dan kegiatan lembaga pengelola sistem pangan gratis.

Sekitar 820.000 pekerja diperkirakan akan dipekerjakan untuk melaksanakan program ini. Oleh karena itu, pemerintah mengharapkan program tersebut dapat berkontribusi terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 0,10% pada tahun 2025.

Program tersebut akan dilaksanakan dengan memberikan makanan bergizi dan susu gratis di sekolah dan pesantren, serta dukungan makanan bagi anak di bawah usia lima tahun dan ibu hamil/menyusui yang berisiko terkena serangan.

Pada tahap pertama, program ini akan ditawarkan kepada siswa SD/PAUD serta siswa SD dan SMP di kabupaten/kota yang berstatus tinggi dan miskin serta memiliki sarana dan prasarana untuk menjalankan dana hibah. berbaris

Dalam pidato anggaran di Sidang MPR 2024, Presiden Joko Widodo menyampaikan anggaran pendidikan dalam RAPBN 2025 sebesar Rp722,6 triliun. Alokasi anggarannya untuk pangan siswa, renovasi sekolah dan pengembangan sekolah yang lebih baik.

Anggaran pendidikan juga mencakup peningkatan program beasiswa, promosi budaya, penguatan universitas internasional dan pengembangan penelitian, kata Presiden dalam pidato resminya pada RUU APBN 2025 di Rumah Nusantara, Jakarta, Jumat. (16/8/2024)

Alokasi anggaran pendidikan akan meningkat dibandingkan tahun ini, mencapai Rp 665 triliun.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel