Bisnis.com, Jakarta – Pelatih Timnas Indonesia Shin Tai-yong mengaku akan menunggu Janis Roen matang secara fisik, teknis, dan mental sebelum memanggilnya ke tim senior.

Striker Janis Raven tampil gemilang saat mengantarkan tim U-19 Indonesia menjuarai ASEAN U-19 Boys Championship 2024 di Surabaya beberapa waktu lalu.

Dalam penampilan tersebut, Rowan mencetak empat gol dan tiga assist dalam lima pertandingan, termasuk satu gol pada laga final melawan Thailand U-19 di Stadion Gelora Bang Tomo, Surabaya.

Langkah jelas ini meramalkan bahwa ia akan dipromosikan ke tingkat yang lebih tinggi. Namun saat ditanya mengenai peluang mantan penyerang berusia 18 tahun itu, Shane tak mau terburu-buru masuk tim papan atas.

“Saya lihat pemainnya langsung ke Belanda, dan saya lihat ada kekurangannya, jadi harus bertahap,” kata Shin saat ditemui awak media yang menyaksikan pertandingan Liga 1 Indonesia 2024/2025 Antara Malut United. dan Persebaya Surabaya di Stadion Madia Gelora Bang Karno, Jakarta, Jumat.

Pelatih asal Korea Selatan itu mengatakan, alasan dirinya melakukan hal tersebut karena tak ingin membebani Rooney yang kini tengah berkembang bersama tim muda yang dilatih Indira Jaffrey.

“Kami menciptakan lingkungan yang baik baginya untuk mengembangkan diri dan tidak membiarkannya fokus mengembangkan keterampilan dan kemampuannya. Nanti kita lihat bagaimana kerjanya,” imbuhnya.

Shen akan segera kembali melatih timnas Indonesia yang pertama kali berlaga di kualifikasi Piala Dunia 2026 Asia pada September mendatang.

Indonesia akan melawan Arab Saudi pada laga pembuka pada 6 September di Stadion King Abdullah Sports City, Jeddah, disusul Australia pada 10 September di Stadion Utama Gelora Bang Karno, Jakarta.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan Channel WA