Bisnis.com, Jakarta – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Bambang Soesatyo, dalam sambutannya pada agenda rapat tahunan perdana Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR/DPR/DPD) pada Jumat (16/08/2024) . 

Bambang mengatakan IKN akan menjadi sumber sejarah baru bagi Indonesia yang harus diwujudkan menjadi pusat kekuatan dan inspirasi bagi seluruh masyarakat Indonesia.

“IKN bukan sekadar nama atau lokasi di peta, melainkan halaman kosong dalam buku sejarah kita yang menanti kita untuk menuliskan kisah kebanggaan, kesuksesan, dan cinta yang tiada habisnya,” kata Bambang di Jakarta, Jumat (16/08). ). 2024). 

Ia juga menegaskan, membangun IKN bukan sekedar membangun dan mewariskan kota. Melainkan tentang mewariskan harapan dan cita-cita kepada generasi berikutnya. 

Terakhir, ia juga berharap IKN menjadi jantung bangsa, membawa Indonesia ke arah yang lebih jaya. 

“Perubahan judul menjadi Hutan Belantara, mengambil langkah membangun harapan. IKN menjadi ibu kota negara, dan semangat baru Indonesia Raya,” pungkas Bambang.

Sekadar informasi, konser pertama dalam rangka HUT RI ke-79 akan digelar di IKN pada 17 Agustus 2024 besok. 

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Hiro Budi Hartono menjelaskan, kegiatan upacara HUT RI ke-79 di nusantara akan dilakukan dengan menggunakan upacara militer (TUM).

“Kegiatan tanggal 17 Agustus di dua lokasi. Ada kegiatan di Istana Jakarta, ada juga kegiatan di Istana IKN,” ujarnya.

Pada saat yang sama, telah dipastikan selesainya pembangunan Poros Nasional Barat yang akan menjadi tempat perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia.

Ketua Pokja Pelaksana Pembangunan Infrastruktur IKN, Danis H. Somadilaga, mengatakan, sejumlah sarana dan prasarana lainnya juga akan dioperasikan untuk menunjang masa menginap para tamu undangan.

Ia menjelaskan, “untuk menunjang fungsi Kepresidenan dan Sekretariat Negara, 17 [Agustus 202], dimungkinkan untuk menggunakan beberapa lantai di bawah Kementerian Sekretariat Negara.” 

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel