Bisnis.com, JAKARTA – MotoGP Prancis 2024 meraih kemenangan dan mencetak rekor partisipasi tertinggi sepanjang masa.

MotoGP Prancis 2024 akan berlangsung pada Minggu (14 Mei 2024) di sirkuit Le Mans Prancis.

Grand Prix Prancis resmi memecahkan rekor sebagai seri MotoGP yang paling banyak dihadiri sepanjang masa.

Seperti dilansir laman resmi MotoGP, Selasa (14 Mei 2024), sebanyak 297.471 penonton menyaksikan langsung aksi berkecepatan tinggi tersebut di sirkuit Le Mans.

“Suasana di Le Mans sangat melegenda, dan ada alasan yang bagus. Dukungan luar biasa dari para penonton adalah salah satu ekspresi paling murni dari semangat olahraga di dunia dan merupakan suatu kehormatan untuk mendengarnya secara langsung,” kata CEO Dorna Sports Carmelo Ezpeleta .

Rekor sebelumnya juga diukir di MotoGP Prancis. Pada tahun 2023, 278.805 penonton menghadiri balapan untuk merayakan Grand Prix ke-1.000.

Menurut Ezpeleta, Le Mans kini menjadi tolok ukur baru karena MotoGP terus mengalami pertumbuhan jumlah penonton yang signifikan.

Penonton terbanyak juga menyaksikan aksi tak biasa para kompetitor di lintasan.

“Setelah Le Mans mencetak rekor kehadiran baru sepanjang masa musim lalu, standarnya tinggi, tetapi MotoGP Prancis 2024 berhasil (mencetak rekor baru). Memiliki hampir 300.000 penggemar selama akhir pekan sungguh luar biasa,” kata Ezpeleta .

Ia menambahkan, performa seperti itu selalu diinginkan oleh tim penyelenggara MotoGP.

Kombinasi ketatnya persaingan di trek dengan beragam atraksi dan hiburan menjadikan menghabiskan akhir pekan di trek ikonik di seluruh dunia, termasuk Le Mans, menjadi acara unik bagi para penggemar.

“Mereka muda dan beragam, yang menunjukkan kekuatan MotoGP dalam berkomunikasi dengan khalayak luas dan menciptakan ikatan yang kuat,” ujarnya.

Ezpelata mengapresiasi kehadiran sirkuit Le Mans dan penonton Prancis yang menjadikan MotoGP sebagai olahraga unik setiap musimnya.

“Terima kasih Le Mans karena telah berbagi semangat unik Anda dengan kami saat kami terus membuat sejarah. Merupakan kehormatan bagi kami untuk berbagi panggung dengan Anda dalam pertandingan paling menarik di dunia,” katanya.

MotoGP Prancis dimenangkan oleh pembalap Pramac Racing Jorge Martin. Podium kedua diraih Marc Marquez (Gresini Racing) yang start dari posisi 13, dan peringkat ketiga diraih Francesco Bagnaia (Ducati Lenovo).

Temukan berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel