Bisnis.com, Jakarta – Progres konstruksi jalur Light Rail Transit (LRT) Jakarta Light Rail Transit (LRT) Tahap 1B Velodrome – Manggarai telah mencapai 23,15%. Rute selanjutnya akan langsung terhubung ke Pasar Pramuka di Jakarta Timur.

General Manager Perkeretaapian (Pitchfork) Kementerian Perhubungan (Kmenhub) Risal Wasal menjelaskan, kehadiran LRT Jakarta Fase 1B akan meningkatkan integrasi lalu lintas di Stasiun Manggarai.

Pasalnya, LRT Jakarta Fase 1B dibangun sepanjang 6,4 kilometer (km) dan memiliki lima stasiun yang berakhir di Stasiun Rawamangun, BPKP Pramuka, Pasar Pramuka, Matarman, dan Manggarai.

Kemudian, ketika kereta jarak jauh tiba di stasiun ini [Mangarai], penumpang bisa langsung melanjutkan perjalanan menuju Kelapa Gading menggunakan LRT Jakarta,” kata Risal dalam keterangan resmi dikutip Senin (5/8/2024). katanya.

Lebih lanjut, Risal menyampaikan pembangunan LRT Fase 1B ditargetkan dapat beroperasi pada awal tahun 2027. Bahkan, diharapkan bisa tersedia untuk umum pada kuartal kedua tahun 2026.

Menyikapi tujuan tersebut, Sekretaris Perusahaan PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) Ermy Puspa Yunita mengatakan perseroan bertekad menyelesaikan proyek LRT Jakarta Fase 1B tepat waktu dan berkualitas.

Hal ini sebagian besar dilakukan untuk mendukung pelayanan transportasi umum serta kegiatan sosial dan ekonomi masyarakat Jakarta.

Hal ini juga diharapkan dapat memperlancar mobilitas masyarakat dan mendorong integrasi moda transportasi umum di Jakarta seperti Commuter Line, MRT Jakarta, dan Trans Jakarta, jelasnya.

Lebih lanjut Ermi menjelaskan, LRT Jakarta akan beroperasi dengan istirahat atau maju selama 10 menit ke depan. Diperkirakan dengan perluasan rute tersebut, potensi jumlah penumpang secara bertahap akan meningkat hingga 80.000 per hari.

Pemerintah sedang mengembangkan LRT Fase 2A dengan jalur Kelapa Gading-JIS, 1C Manggarai-Dukuh Atas, 1D Dukuh Atas-Pesing untuk memperluas cakupan wilayah LRT Jakarta. Ada pula jalur 3A dan 3B yang akan melengkapi jalur Kemayoran-JIS-Kelapa Gading-Velodrome-Klander-Halim.

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita dan saluran WA