Bisnis.com, Jakarta – PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk (GIAA) semakin giat meningkatkan kerja sama dengan maskapai lain dalam bentuk joint venture.

Direktur Utama Garuda Indonesia Urbaniaputra menjelaskan, saat ini Garuda Indonesia sedang berdiskusi dengan Singapore Airlines dan Japan Airlines (JAL) untuk meningkatkan kerja sama melalui joint venture.

Irfan mengatakan pihaknya juga sedang menjajaki joint venture ini dengan maskapai lain. Namun, dia menolak menyebutkan nama pesawat yang dimaksud atau negara asal perusahaannya.

Namun belakangan Airfan sudah berganti manajemen, kata Irfan. Oleh karena itu, proses penelitian terkait usaha patungan ini masih terus berjalan hingga saat ini

“Nanti kita umumkan, masih didalami. Ada perubahan organisasi, jadi kita mau cek apakah kepengurusan baru punya tujuan yang sama,” kata Irfan, Rabu (31/7/). 2024). )

Sementara itu, Irfan mengatakan Garuda Indonesia telah bermitra dengan Japan Airlines untuk meningkatkan pelayanan penumpang. Melalui usaha patungan ini, akan ada lebih banyak pilihan perjalanan pada rute bersama antara kedua perusahaan

Ia menambahkan, peningkatan kerja sama dengan maskapai Jepang diharapkan dapat meningkatkan kinerja keuangan perseroan. Irfan mengatakan, saat ini kedua pihak sedang mendiskusikan aspek teknis kerja sama tersebut.

Dia menegaskan, joint venture tersebut tidak akan membuat perusahaan baru atau PT. Irfan mengatakan, joint venture antara GIAA dan Japan Airlines ditargetkan selesai pada akhir tahun 2024.

Sebelumnya, Garuda Indonesia juga akan segera meningkatkan kerja sama dengan Singapore Airlines di bidang komersial. Kerjasama kedua maskapai ini adalah bagi hasil

Irfan menjelaskan pembagian pendapatan akan dilakukan pada dua rute yang dioperasikan maskapai tersebut, yakni Jakarta-Singapura, Surabaya-Singapura, dan Bali-Singapura.

Selain itu, kedua belah pihak akan memanfaatkan kapabilitas dan jaringan masing-masing perusahaan antara Indonesia dan Singapura Dengan demikian, penumpang akan memiliki lebih banyak pilihan dalam hal waktu penerbangan dan harga yang kompetitif dari kedua maskapai

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel