Bisnis.com, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI melaporkan LRT Jabodebek telah melayani 10,16 juta penumpang sejak diresmikan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada 28 Agustus 2023.

Manajer Humas LRT Jabodebek Mahendro Trang Bawono mengatakan, LRT Jabodebek mengangkut 10.169.356 penumpang antara 28 Agustus 2023-7 Mei 2024.

Rata-rata harian pengguna LRT Jabodebek saat ini sebanyak 45.287 pengguna pada hari biasa, dan 29.592 orang pada akhir pekan, kata Mahendro dalam keterangan resminya, Rabu (8/5/2024).

Mahendro mengatakan, jumlah pengguna tertinggi pada tahun 2024 dicapai pada bulan April, dimana LRT Jabodebek menggunakan 1.402.933 pengguna. Saat ini rekor jumlah pengguna terbanyak ada pada 1 6 Mei 2024 sebanyak 69.705 pengguna.

Stasiun Dukuh Atas, Stasiun Harjamukti, Stasiun Kuningan, dan Stasiun Cikoko menjadi stasiun dengan pengguna terbanyak pada bulan April yakni sebanyak 1.301.445 pengguna.

“KAI mengapresiasi kepercayaan dan kejujuran masyarakat yang memilih LRT Jabodebek sebagai transportasi sehari-hari. LRT sebagai proyek anak nasional, ujarnya.

Mahendro mengatakan, KAI terus meningkatkan layanan LRT Jabodebek, seperti meningkatkan jumlah perjalanan yang memiliki waktu tunggu antar kereta (rute) lebih singkat yaitu 5,5 hanya beberapa menit pada jam sibuk di ruas jalan Cawang – Dukuh Atas, dan 11 menit di Jati Mulya. – Cawang dan Harjamukti – Jalan Cawang.

Selain itu, pemeliharaan dan keselamatan dilakukan di dalam kereta dan stasiun untuk menjaga kenyamanan penggunanya.

“Kami berharap dengan meningkatkan seluruh aspek pelayanan, kami dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada pengguna dan meningkatkan minat masyarakat untuk menggunakan LRT Jabodebek,” ujarnya.

Sebelumnya, KAI meningkatkan jumlah perjalanan LRT Jabodebek secara signifikan sejak Mei 2024. Mahendro mengatakan, jumlah perjalanan harian LRT Jabodebek kini sebanyak 336 kali untuk hari biasa. Jumlah ini bertambah 28 dokumen dibandingkan bulan sebelumnya.

Mahendro mengatakan frekuensi baru ini diterapkan untuk memenuhi kebutuhan pengguna sehari-hari.

Integrasi perjalanan LRT Jabodebek merupakan salah satu inisiatif KAl untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada pengguna, kata Mahendro.

Simak berita dan artikel di Google News dan channel WA