Bisnis.com, JAKARTA – Harga mata uang kripto Bitcoin dan Ethereum anjlok tajam akibat berbagai faktor ekonomi dan politik, pada Senin (8/5/2024).

Pedagang Tokocrypto Fyqieh Fachrur menjelaskan, sejumlah gagasan menyebabkan harga kripto anjlok pada pekan lalu.

Pertama, ia menjelaskan bahwa volatilitas risiko yang disebabkan oleh kekhawatiran terhadap resesi di Amerika Serikat menyebabkan aksi jual, yang diperburuk oleh lemahnya data ekonomi dan perlambatan pasar global.

“Meski ekspektasi penurunan suku bunga Federal Reserve AS seharusnya memberikan dukungan, nyatanya hal tersebut tidak cukup untuk menghilangkan penurunan harga kripto,” ujarnya saat ditemui Bisnis, Rabu (8/7/2024 ). .

Kedua, menurutnya, konflik internasional di Timur Tengah dan gejolak politik di Amerika Serikat menambah permasalahan.

Ia juga mengatakan bahwa di pasar Asia, penurunan tajam di pasar Jepang dan Korea Selatan mencerminkan ketidakpastian perekonomian.

“Saham Jepang terpukul keras, indeks Nikkei turun 12% dan memasuki pasar [jatuh] selama tiga minggu, sedangkan KOSPI Korea Selatan mencatat sesi terburuk sejak Maret 2020,” ujarnya.

Ketiga, menurutnya, konten di sektor Crypto juga memperburuk masalah. Penurunan nilai hash Bitcoin dan biaya penambangan, serta penutupan besar-besaran sebesar $1 miliar dalam 24 jam, meningkatkan nilainya.

Selain itu, dia menjelaskan bahwa Ethereum juga tidak luput dari hasil ini, karena pembentukan ruang ETF tidak memberikan dukungan dalam mengantisipasi penjualan besar dan investor institusional menambah tekanan.

Terakhir, kombinasi sentimen negatif global, konflik global, dan perubahan pasar kripto internal menyebabkan penurunan harga Bitcoin dan Ethereum Kripto secara signifikan.

Dikatakannya, pendapat tersebut menyebabkan pasar Kripto turun 15,80% menjadi 6 bulan sebesar US$ 1,694 triliun.

Seperti diketahui, pasar kripto turun tajam pada pekan lalu.

Menurut Coinmarketcap, Bitcoin turun lebih dari 15% dan menyentuh level US$49.700 dari US$59.500, dan Ethereum juga berhasil mencapai level US$2.200 dari US$2.760 pada Senin (8/05/2024).

Saat ini, pemulihan atau perubahan mulai terlihat dengan Bitcoin kembali ke level US$55.800 dan Ethereum di US$2.500 pada Selasa (6/8/2024). 

Lihat berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel