Bisnis.com, Jakarta – Dua atlet panjat tebing Indonesia, discus med Rita Kasuma Devi dan Rajya Salisbela, berhasil merebut tiket ke perempatfinal Olimpiade Paris 2024.

PARIS (08/05/2024) Mad Rita Kasuma Devi dan Rajya Salisbiullah unggul di babak kualifikasi Kompetisi Panjat Cepat Olimpiade Paris 2024 malam waktu Indonesia.

Babak kualifikasi panjat cepat Olimpiade Paris 2024 diikuti 14 atlet dari seluruh dunia.

Babaknya dibagi menjadi 2 tahap yaitu babak penyisihan (seeding) dan babak gugur (eliminasi).

Pada babak penyisihan ini, setiap pemain mempunyai dua kesempatan untuk melakukan aksi pendakian. Setiap atlet akan menempuh Jalur A dan Jalur B.

Pencatatan waktu pada babak penyisihan klasifikasi akan mempengaruhi klasifikasi atlet pada babak penyisihan babak penyisihan yang juga akan digelar pada Senin (05/08/2024).

Pada babak ini, hanya 8 pemain dengan waktu terbaik yang akan lolos ke babak perempat final yang digelar pada Rabu (07/08/2024).

DeskMed dan Rajya memulai pertandingan kualifikasi di babak kualifikasi awal. Wakil Prancis, Capucine Viglione, meminta untuk tidak melakukannya. Rajya menghadapi Emma Hunt dari Amerika (AS).

Awal pertandingan ditunda karena masalah teknis terkait tidak berfungsinya tombol timing.

Pada babak ini, Deskmaid berhasil mencatatkan waktu 6,52 di track A dan 6,45 di track B. Pebalap Bali itu berhasil finis di posisi keenam dengan waktu terbaik 6,45 detik.

Sedangkan Rajya mencatatkan waktu 6,67 detik di trek A dan 6,58 detik di trek B. Catatan waktu terbaiknya 6,58 detik membuat ia harus puas menempati posisi ketujuh di babak penyisihan kualifikasi.

Kualifikasi berlanjut hingga babak penyisihan penyisihan. Berdasarkan hasil waktu yang tercatat di babak penyisihan, Desak Made bertemu Piper Kelly, asal Amerika Serikat. Sementara itu, Rajya bertemu dengan wakil Spanyol, Leslie Adriana Romero Perez.

Babak ini menjadi penentu lolos ke babak perempat final atau disebut juga babak sistem gugur.

Deskmaid memastikan lolos ke babak sistem gugur setelah mengalahkan Kelly dengan waktu 6,38 detik.

Sayangnya, Rajya tidak mengambil tindakan berdasarkan kesimpulan positif tersebut. Pasalnya pada babak penyisihan kedua, Rajya terpeleset saat menghadapi lawannya.

Namun, Rajya membukukan tiket ke perempat final dengan kalah di babak sistem gugur. Pasalnya, Rajya memegang rekor waktu kualifikasi terbaik.

Rajya memiliki rekor terbaik di antara semua yang kalah dengan waktu 6,58 detik.

Laga perempat final sprint putri Olimpiade Paris 2024 dijadwalkan pada Rabu (8/7/2024).

Selain 2 atlet putri, Indonesia juga mengirimkan 2 atlet panjat tebing putra bernama Rahmad Adi Maluno dan Vedric Leonardo.

Rahman dan Vidrik akan bertanding di babak kualifikasi hari ini, Selasa (06/08/2024).

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan Canal WA