Bisnis.com, Jakarta – PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) mengungkap strategi di tengah tren kenaikan suku bunga.

Perusahaan modal ventura pimpinan Bank Mandiri ini menyadari bahwa suku bunga merupakan salah satu parameter makroekonomi sebelum berinvestasi di perusahaan startup.

Meski demikian, CEO Mandiri Capital Indonesia Ronald Simorangkir mengatakan perseroan akan terus proaktif mencari peluang baru dengan hati-hati.

“Walaupun ada kemungkinan kenaikan suku bunga pada kuartal berikutnya, MCI akan terus mencari peluang baru dengan pendekatan yang hati-hati,” ujarnya, Minggu (5/5/2024).

Ronald mengatakan timnya melihat potensi pertumbuhan yang besar pada tahun 2024, terutama untuk beberapa sektor seperti pertanian dan budidaya perikanan, manufaktur, energi terbarukan, dan kecerdasan buatan (AI).

“Namun MCI tetap melihat seluruh sektor secara bersamaan untuk mencari peluang terbaik,” ujarnya.

Ronald menambahkan, timnya memperhatikan seluruh aspek pendanaan startup, termasuk strategi perusahaan untuk pertumbuhan dan profitabilitas yang sehat.

“Selain itu, MCI merupakan investor strategis dan MCI aktif membantu start-up untuk bermitra dengan ekosistem kita seperti Mandiri Group, BUMN, dan institusi lainnya. Melalui kemitraan tersebut, start-up akan mencapai pertumbuhan yang signifikan tanpa mengeluarkan banyak uang.”

MCI gagal mencairkan nominal dana pada kuartal I 2024. Namun saat ini, perusahaan sedang melakukan pekerjaan terkait untuk beberapa startup di industri berbeda.

“MCI melakukan penelitian mendalam untuk mengurangi risiko investasi dan memastikan perusahaan-perusahaan yang berinvestasi di MCI mencapai pertumbuhan bisnis yang pesat dengan menghasilkan nilai yang diberikan MCI,” katanya.

Sementara itu, startup yang memiliki minat mendalam terhadap MCI berasal dari berbagai industri termasuk manufaktur, teknologi kesehatan, akuatik, otomotif, perusahaan, solusi pengadaan, dan logistik.

Ronald mengatakan, MCI tidak memiliki jumlah atau batasan investasi.

Oleh karena itu, MCI tidak melihat peluang investasi secara sporadis. MCI adalah VC multi-stage yang agnostik terhadap industri. Oleh karena itu, MCI secara aktif melihat seluruh ekosistem startup dan mengidentifikasi startup yang menjanjikan dan, dalam beberapa kasus, berpotensi untuk menciptakan nilai, ”dia dikatakan.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel