Bisnis.com, Jakarta – Memasuki usia 40-an dan 50-an, menjaga kulit awet muda dan bercahaya harus menjadi prioritas utama.

Meskipun melihat perubahan pada kulit adalah hal yang wajar, ada sejumlah strategi efektif yang dapat Anda gunakan untuk mencegah kerutan ini dan memastikan kulit Anda tetap bersinar. Di usia 20-an, kulit Anda secara umum lebih sehat, elastis, dan bercahaya awet muda.

Namun, tanda-tanda awal penuaan mungkin mulai terlihat, seperti kekeringan ringan atau garis-garis halus.

Garis-garis halus semakin terlihat, terutama di sekitar mata dan mulut, serta kulit mulai kehilangan kekencangannya. Kemampuan kulit dalam mempertahankan kelembapan mulai menurun sehingga menyebabkan kulit kusam.

Di usia 40-an, tanda-tanda penuaan semakin terlihat. Kerutan semakin dalam dan kulit mungkin memiliki tekstur dan pigmentasi yang tidak merata. Hilangnya kolagen dan elastin lebih terasa sehingga mengakibatkan kerutan menjadi kendur dan lebih terasa.

Pada usia 50-an dan seterusnya, kulit terus kehilangan elastisitas dan volumenya. Kulit mungkin menjadi lebih kendor, kerutan lebih dalam, dan lebih kering. Berikut tips menjaga kesehatan kulit wajah dan mencegah kerutan 1. Tetap terhidrasi

Bayangkan kulit Anda seperti spons; Hidrasi yang cukup diperlukan agar tetap montok dan lembut. Seiring bertambahnya usia, kemampuan kulit untuk mempertahankan kelembapan menurun sehingga menyebabkan kekeringan dan kerutan. Tambahkan pelembab berkualitas tinggi ke rutinitas harian Anda.

Carilah produk yang mengandung asam hialuronat atau gliserin, yang membantu menarik kelembapan ke dalam kulit dan mempertahankannya. Pertimbangkan untuk menggunakan pelembab alami seperti gel lidah buaya atau minyak kelapa, yang sangat melembapkan dan tersedia secara luas. 2. Tabir surya

Perlindungan terhadap sinar matahari tidak hanya penting di musim panas—tetapi juga penting sepanjang tahun. Sinar UV matahari mempercepat penuaan kulit, menyebabkan kerutan dini dan bintik-bintik penuaan.

Pilih tabir surya berspektrum luas dengan setidaknya SPF 30 dan gunakan setiap hari, bahkan pada hari berawan. Jika Anda berada di luar ruangan, biasakan untuk mengaplikasikannya kembali setiap dua jam.  3. Tambahkan retinol ke rutinitas perawatan kulit Anda

Retinol, turunan vitamin A, dikenal karena sifat anti-kerutnya. Ia bekerja dengan meningkatkan pergantian sel dan merangsang produksi kolagen, yang membantu menghaluskan garis-garis halus dan kerutan. Jika Anda baru, mulailah dengan retinol konsentrasi rendah dan tingkatkan secara bertahap seiring dengan terbiasanya kulit Anda.

Oleskan pada malam hari, setelah membersihkan wajah dan sebelum melembabkan. Untuk jenis kulit India, retinol sangat efektif mengatasi pigmentasi dan kerutan. 4. Utamakan pola makan seimbang

Apa yang Anda makan bisa sangat mempengaruhi penampilan kulit Anda. Pola makan yang kaya antioksidan, vitamin, dan lemak sehat dapat membantu kulit melawan penuaan dari dalam ke luar.

Sertakan buah-buahan dan sayuran seperti buah beri, jeruk, dan sayuran berdaun hijau dalam makanan Anda karena mengandung antioksidan yang melawan radikal bebas. Asam lemak omega-3 yang ditemukan pada ikan seperti salmon atau sumber nabati seperti biji rami juga berkontribusi terhadap elastisitas kulit. 5. Tidur yang cukup

Jangan pernah meremehkan kekuatan tidur malam yang nyenyak. Saat Anda tidur, kulit Anda memasuki mode perbaikan, yang penting untuk menjaga elastisitas dan kilau awet muda.

Dapatkan tidur berkualitas selama 7-9 jam setiap malamnya dan pertimbangkan untuk tidur telentang untuk mencegah tekanan pada wajah yang dapat menyebabkan kerutan. Sarung bantal sutra bisa menjadi pilihan yang lebih lembut untuk kulit Anda, mengurangi gesekan dan mengurangi kerutan saat Anda tidur. 6. Senam wajah

Senam wajah membantu mengencangkan dan memperkuat otot-otot di bawah kulit, sehingga mengurangi munculnya kerutan.

Latihan sederhana seperti memijat lembut wajah dengan gerakan ke atas atau melakukan pose yoga yang dirancang khusus untuk wajah dapat membuat perbedaan.

Misalnya, lakukan latihan “wajah ikan tersenyum” dengan cara menyelipkan pipi ke dalam dan menahan posisi tersebut selama beberapa detik. Latihan rutin latihan ini akan meningkatkan sirkulasi darah dan meningkatkan kekencangan kulit. 7. Hindari merokok dan batasi konsumsi alkohol

Merokok berdampak buruk bagi kulit Anda karena menyebabkan keriput dan kusam. Jika Anda seorang perokok, dapatkan dukungan untuk berhenti merokok. Alkohol membuat kulit dehidrasi dan menyebabkan penuaan dini.

Membatasi konsumsi alkohol dan berfokus pada gaya hidup sehat tidak hanya bermanfaat bagi kulit Anda, tetapi juga kesehatan Anda secara keseluruhan. 8. Pilih produk perawatan kulit yang tepat

Pilih produk perawatan kulit yang memenuhi kebutuhan spesifik kulit Anda. Carilah bahan-bahan seperti vitamin C untuk membantu mencerahkan kulit dan meningkatkan produksi kolagen, atau peptida untuk mendukung tekstur kulit.

Bahan-bahan alami seperti kunyit dan nimba, yang dikenal karena sifat anti-inflamasi dan antioksidannya, dapat bermanfaat bagi rangkaian perawatan kulit Anda. 9. Tetap aktif dan kelola stres

Aktivitas fisik yang teratur meningkatkan sirkulasi darah, yang membuat kulit Anda bersinar dan sehat. Olahraga merangsang pelepasan endorfin, yang mengurangi stres—faktor lain yang berkontribusi terhadap penuaan dini.

Melakukan aktivitas yang Anda sukai, baik yoga, berjalan kaki, atau menari, dapat memberikan efek positif pada kesehatan mental dan fisik Anda. Konsistensi adalah kunci dalam rutinitas perawatan kulit apa pun. 

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel