Bisnis.com, JAKARTA – Kontroversi membuat panggung permainan Imane Khelif lolos ke Olimpiade Paris 2024 dengan mewakili Aljazair.

Petinju ini menjadi incaran seluruh dunia setelah dituding berganti gender.

Kontroversi gender Imane Khelif meletus setelah rivalnya dari Italia, Angela Carini, berhenti bermain.

Di babak 16 besar, Carini merasa tak mampu melawan Khelif. Khelif disebut-sebut harus mundur karena dituding sebagai petinju transgender.

Faktanya, Khelif adalah seorang interseks, artinya ia memiliki kromosom XY sehingga testosteronnya cenderung sama dengan pria.

Kegagalannya lolos tes gender Kejuaraan Dunia 2023 juga menjadi sorotan karena Khelif dinilai tidak memenuhi syarat.

Di sisi lain, Komite Olimpiade Internasional (IOC) tetap mengkualifikasi Khelif untuk tampil di Olimpiade 2024 dan menegaskan bahwa petinju tersebut adalah wanita sejati.

Juru bicara IOC Mark Adams membenarkan bahwa tidak ada kasus transgender dalam sejarah Khelif.

“Dia terlahir sebagai perempuan, terdaftar sebagai perempuan, selalu perempuan, berkotak sebagai perempuan dan memiliki paspor sebagai perempuan. Ini bukan kasus perubahan gender. Ada kebingungan yang terjadi ketika laki-laki berkelahi dengan perempuan. ,” kata Mark Adams seperti dikutip BBC.

Usai kontroversi tersebut, petinju asal Italia Carini akhirnya meminta maaf dan menyatakan akan menghormati keputusan IOC.

“Saya meminta maaf kepada lawan saya. Jika IOC menyatakan dia tidak bisa bertanding, saya menghormati keputusan itu,” kata Carini.

Imane Khelif telah memenangkan medali Olimpiade 2024 dalam tinju 66 kilogram putri.

Usai mengalahkan Anna Luca Hamori dari Hongaria di perempatfinal Olimpiade 2024, Minggu (4/8) pagi WIB, ia mengumumkan dirinya sebagai wanita sejati.

“Saya ingin memberitahu seluruh dunia bahwa saya adalah seorang wanita dan saya akan selalu menjadi seorang wanita,” tegasnya, seperti dilansir Daily Mail.

Di semifinal Olimpiade 2024, Imane Khelif akan menghadapi Janjaem Suwannapheng dari Thailand. Laga tersebut akan dihelat di Stadion Ronald Garros, Rabu (7/8) dini hari WIB.

Simak berita dan artikel lainnya di Google News dan WA Channel